Miliki Jiwa Sosial Yang Sangat Tingi, Aby Dhon Ketua LP2 Dompu, Pandailah Maknai Hidup

Kategori Berita


.

Miliki Jiwa Sosial Yang Sangat Tingi, Aby Dhon Ketua LP2 Dompu, Pandailah Maknai Hidup

25 Feb 2021
Foto Ramadoan Zakia S. Pd. i. biasa disapa Abi Dhon, Saat Kegiatan Perlombaan Kross Sapeda


Dompu-BidikInfoNews.com - Mengenal lebih dekat sosok para kaula muda kabupaten dompu dengan berbagai ragam sudut pandang yang kita miliki. Diketahui pemuda dompu sangat mudah untuk dikenali, karena mereka identik dengan kepribadian yang terbuka, ramah santun cerdas dan juga selalu memegang teguh prinsip semboyan daerahny yang ada setempat, bukan hanya itu, selain memegang teguh semboyan,  para pemuda dompu juga, memiliki sisih pribadi yang taat beragama kerja keras dan kental akan budaya gotongroyong khas ketimuranya.


Semboyang dana dompu ini lahir dan dititipkan oleh leluhurnya mereka sebagai salah satu simbol acuan untuk menumbuhkembangkan prinsip hidup, yang dapat mendorong serta membentuk karakter para pemuda dompu yang (Ngahi Rawi Pahu) satu kata dan satu perbuatan.


Baca Jugakelalaiyan berujung maut bocah 25 tahun


Seperti salah satu pemuda ini, ia adalah Ramadoan Zakia S. Pd. i. biasa disapa Abi Dhon, satu dari sekian pemuda yang ada di kota dompu yang mimiliki kepribadian yang terbukah, suka membantu, ramah santun pekerja keras dan juga cerdas. Sosok pemuda yang berasal dari kelurahan monta baru kecematan woja kabupaten dompu NTB ini, adalah sala satu ujung tombak bagi masyrakat sekitarnya, karena peran aktifnya membantu sesama baik dalamhal kegiatan kebudayan, sosial maupun kegiatan keagama,an dan lainya yang ada ditingkat sosianya. 


"Kita sebagai pemuda itu harus giat-giat belajar untuk memaknai sebua kehidupan ini. Kita selaku generasi penerus bangsa dan daerah ini,  dituntut untuk benar-benar mengunakan akal pikiran kita, melihat, membaca, bergerak dan berkerja, agar dapat melahirkan ide gagasan target untuk pola kemajuan baik pada diri kita, maupun pada daerah sekitar,"terangnya. 


Hal tersebut dilakukan, dapat kiranya dibarengi dengan sifat sederhana kita miliki, sehingga keberadaan kita mudah diterima oleh siapapun. 

Foto : Aby Dhon Saat Membuka Kegiatan Sosial 


"Di usia dan pada masa-masa inilah, para remaja memiliki pemikiran yang fresh, semangat tinggi dalam melakukan sesuatu sehingga masih dapat kita bentuk karakter dan kepribadiannya, dengan menanamkan nilai-nilai agama, moral, etika dan kejujuran agar generasi penerus masa depan bangsa ini dapat berintegritas dengan sifat pemberani dan berakhlak mulia, sehingga pemuda seperi kita ini mampu meneruskan tugas serta kewajiban dalam menuntaskan berbagai ragam persoalan bangsa. Salah satunya, ialah memberantas Narkoba yang berkembang pesat di sekeling kita, korupsi yang telah menjadi penyakit kronis terjadi di hampir seluruh negara bahkan didunia, salasatunya yaitu negara Indonesia, lebih khusus kabupaten Dompu,"ujarnya Abi Dhon pada media ini ditaman dompu rabu (24/02/21).


kesederhanaan pihaknya terlihat ketika ia menyadari bahwa kepribadian serta hal yang ia lakukan sangat sulit untuk menilai oleh diri pribadinya sendiri, karena dirinya sadar bahwa semua yang ada dalam pribadinya hanya dapat dilihat oleh orang lain dan orang sekitarnya.


Melahirkan suatu prinsip kemanusiaan yang sangat tinggi dalam dirinya tersebut, tentu tidaklah muda, semua itu dimulai dari proses yang sangat lama. 

Foto Aby Dhon Saat Galang Dana Kemanusiaan 


"Kepribadian suka membantu sesama itu adalah hal yang muliah, sebab perilaku seperti ini, terkadang sulit dan jarang terlihat dilakukan. Untuk itu, lewat kesempatan itu, saya pribadi selalu berterimakasi kepada semua arang, terutama orang tua saya, yang sudah menjadi guru dan membersarkan ku,"terangnya. 


Kebiasaan itu ia lakukan bukan karena pesan ibunya saja. Namun hal itu dirinya mengatakan adalah salah satu perintah serta ajaran agama islam, begitu juga dengan simbol masyrakat dompu yang harus di pegang teguh, (Ngahi Rawi Pahu).


"Dalam hal ini, kebiasaan kami bersama anggota lembaga peduli petani (LP2) ini, akan terus kami jalankan dan tingkatkan, demi melahirkan sebuah kehidupan sosial yang aman nyaman dan bahagia. Agar tercapainya hal itu,  tentu kita yang ada harus berdiri tegak, berjuang bersama, serta bahu membahu membantu satu samalai hingga apa yang diingginkan dapat tercapai," bebernya. 


Hidup itu adalah adalah salah satu tarzet, sebab itu adalah salah satu penentu akan yang harus dicapai demi keberlasungan hidup kedepanya.


"Ya itu adalah salah satu cara kami memaknai hidup. Saya hanya melakukan apa yang dapat berguna bagi siapapun yang membutuhkannya dan juga berguna untuk menimalisir kebutuhan nya mereka inginka,"tadasnya. 


keberadaan pemudah satu ini, dapat merubah sisih pandangan masyrakat yang ada, karena sosok pih as knya selalu terlihat aktif dalam hal membantu baik urusan kemanusian, seperti misalnya mengalang dana untuk para korban yang dilanda musibah, baik banjir bandang, kebakaran maupun urusan kemanusiaa lainya yang terjadi di beberapa wilayah yang ada. 


"Lembanga (LP2) dompu ini, lahir sebagai wadah penyambung lidah masyrakat yang ada. Selain itu, kami yang didalam nya, selalu mengutamakan sifat kepribadian dalam melayani seluruh masyrakat yang ada,"cetusnya.


Lembaga yang ia pimpin itu, orang didalamnya harus identik dengan memiliki kepribadian yang sangat tegas raham santun maupun cerdas, agar semua persoalan yang dihadapi dapat berjalan sesui keinginan kita bersama,"ucapnya Aby Dhon Ketua Lembaga Peduli Petani (LP2) kabupaten Dompu. (Fen)