Tingkatkan Fungsi Kontrol, Babinsa Matua Sambangi Warga Binaannya

Kategori Berita


.

Tingkatkan Fungsi Kontrol, Babinsa Matua Sambangi Warga Binaannya

15 Jul 2021
Foto Babinsa Desa Matua Kacamatan Woja Kabupaten Dompu NTB Saat Mendatangi Bebera Warga Binaanya 

Dompu, l BidikInfoNews.com - Dalam rangka meningkatkan peran Babinsa guna mengetahui perkembangan di masyarakat, Babinsa Koramil 16/14 Kabupaten Dompu, Serma Hurman, melaksanakan giat Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaannya yang ada di beberapa wilaya Desa Matua Kacamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu Malam (14/07/21) Pukul 09:13 Wita. 



Serma Hurman, mengungkapkan, jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya. Sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan masyarakat di tengah diberlakunya PPKM Covid-19 oleh pihak pemerintah saat ini. 



Baca Juga:tuntut pelaku setubuhi anak tiri segera



“Seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya agar komunikasi dapat terjalin dengan baik. Sehingga berbagai informasi yang terjadi dapat terdeteksi secara dini dan cepat tentukan langkah untuk menyelesaikannya,” ungkapnya.

Foto Bersama Babinsa Dan Masyrakat Sekitar 

Menurutnya, melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan dan juga akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya.



Diakui, dengan Komsos pihaknya juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal yang negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan, disamping itu juga, ia dapat melakukan sosialisasi agar memamatuhi protokol Covid-19 seperti, Mengunakan Masker, Cucumber tangan dengan Sabu, dan menjahui Kerumunan (3M).


Pasang Iklan Disini:


“Disamping Komsos itu dilakukan, saya juga dapat melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat sekitar agar dapat memamatuhi protokol Covid-19 seperti, Mengunakan Masker, Cuci tangan dengan Sabu dan menjahui Kerumunan (3M). Bukan itu saja. Apapun yang terjadi di desa binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik," katan Babinsa Serma Hurman,



Hal serupa juga datang dari sala satu warga Dusun Buncu Utara Desa Matua Kacamatan Woja Kabupaten Dompu NTB Anwar biasa disapa abang Gimbal, mengatakan bahwa peran Babinsa di wilaya desa matu tersebut sangat lah aktif.



"Kami selaku masyrakat setempat merasa banga memiliki babinsa yang punya jiwa sosial dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap masyrakat sekitar. Sosok Serma Hurman ini, patut diberikan penghargaan oleh kami, karena beliu hadir di tengah kami (warga red) yang ada, semua persoalan sosial pasti dapat ia atasi denga baik,"Ungkap Bang Gumbal saat ditemui oleh media ini di kediaman warga sekitar. 



Tetapi disamping itu, Babinkatimas desa matua tidak terlihat melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Babinsa, 



"Disetiap Kegiatan sosial budaya serta kegiatan lainya yang terjadi di tingkat masyrakat sosial selama ini, Babinkatimas matua ini seolah-olah tidak ada Aktifitas yang dilakukan, seperti bersentuhan membantu serta berada ditengah-tengah masyrakat menurut saya. Kami sebagai masyrakat matu tidak membutuhkan keberadaanya tetapi kami butu daya gerak dan sikap pedulinya pada seluruh masyarakat yang. Diganti aja dengan Babinkatimas yang baru yang lebih peran aktif seperti babinsa sekarang ini, biar keduanya dapat sinergi untuk seluruh masyarakat Desa Matua ini,"Harap Bang Gimbal. (fhen).