Disbudpar Kabupaten Dompu, Survei Wisata di Pantai Wadu Jao

Kategori Berita


.

Disbudpar Kabupaten Dompu, Survei Wisata di Pantai Wadu Jao

19 Nov 2021
Foto Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu Berserta Jajarannya Saat Mengunjungi Lokasi Wisata Wadu Jao


Dompu, l BidikInfoNews.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, meninjau lokasi destinasi pariwisata di Pantai Wadu Jao, Kamis (19/11/21). 


Kunjungan perdana Disbudpar pada pantai di Desa Jambu Kecamatan Pajo itu, merupakan survei awal lokasi destinasi. Kedepan, dipastikan kegiatan tersebut akan terus berkesinambungan, hingga ke beberapa tempat wisata lain di Kecamatan Dompu. 


Baca Juga :nikmati akhir pekan bersam keluarga


Agenda rutin tersebut, dilakukan Disbudpar dalam rangka memastikan terpenuhinya beberapa unsur pendukung terbentuknya destinasi wisata yang layak dan baik. Tolak ukur penilaiyan, berupa kelengkapan sarana, fasilitas serta kemudahan wisatawan dalam mengakses lokasi tujuan. 

Sementara itu, keterangan yang dihimpun media ini dari unggahan status FB Kasi Disbudpar Dedy Arsik, selepas berkunjung dilokasi mengungkapkan, kelayakan destinasi wisata untuk dapat menyandang predikat yang baik menurutnya harus memenuhi empat kriteria. Diantaranya, "Pertama harus memiliki daya tarik, daya tarik wisata bisa dibuat, bisa juga daya tarik yang telah ada pada destinasi itu sebelumnya." 


Unsur kedua menurut mantan Lurah Kandai Satu itu, aksesibilitas (Kemudahan). Dikatakanya, suatu destinasi harus memiliki sarana transportasi serta akses jalan yang memadai, tujuannya, supaya wisatawan dapat dengan mudah mencapai titik lokasi yang dimaksud.


Pasang Iklan Disini :


Unsur ketiga, terpenuhinya fasilitas penunjang kebutuhan para wisatawan.


"Misalnya, dilokasi terdapat hotel hingga restoran. Atau asosiasi, seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA), juga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia PHRI," terang Dedy.

Terakhir menurut dia, pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan hospitallity. Dijelaskanya, masyarakat disekitar harus bersikap ramah kepada tamu, serta dapat menjamu wisatawan dengan baik.


Lebih jauh dikatakanya, disamping terpenuhinya keempat unsur itu, tatkalah penting dalam mewujudkan destinasi wisata yang baik, perlu adanya marketing (pemasaran). Berupa testimoni. Kesaksian pengunjung, nantinya diharapkan dapat memberi gambaran, kepercayaan, serta persepsi dari wisatawan lain terhadap tempat yang dimaksud. (Adf)