Kemajuan Pariwisata Dompu, Muis: Lima Pilar Harus Kita Terapkan

Kategori Berita


.

Kemajuan Pariwisata Dompu, Muis: Lima Pilar Harus Kita Terapkan

8 Nov 2021
Foto Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Dompu NTB Ir. A. Muis Msi. 

Dompu, l BidikInfoNews.com - Pariwisata Dompu selama ini masih belum terlihat bergerak maju, meskipun pemerintah daerah sebelumnya terus berupaya dengan berbagai aspek yang ada. 



Hal itu terlihat dari sudut pandang ditingkat lapangan masih banyak tempat wisata dikabupaten Dompu yang belum di jamah alias masih begitu begitu saja.



Baca Juga :nikmati akhir pekan bersam keluarga



Kepala Dinas Kebudaan Dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Ir. A. Muis Msi. Dalam hal memajukan aspek pariwisata yang ada, pihaknya memiliki sudut pandang dan strategi baru untuk memajukan pariwisa yang ada, Ia mengatakan pemerintah memiliki rival. Didalam rival ini ada 17 objek wisata yang harus dikembangkan keberadaanya, baik sekala Nasional, Internasional, maupun lokal.



"Dari 17 objek wisata ini, yang menjadi prioritas kami selaku pemerintah yang pertama wisata sekala nesional antara lain, Wisata Pantai Lakey, Wisata Doro Ncanga, Sedangkan untuk wisata lokal yaitu,  Wisata Pantai Wadu jao, Ngapa, Wisata Madaprama, Wisata Pantai Ria, dan wisata lainya. Dari beberapa objek wisata lokal tersebut, nanti kami akan melakukan survei untuk mengetahui yang mana yang lebih diutamankan (red prioritas) untuk pengembangan nya, baik melalui sarana dan prasarana yang ada,"Ujar Kadis Ir. A. Muis Msi. Saat ditemui oleh media ini di ruang kerjanya Senin (08/11/21).

Ia juga menerangkan bahwa membangun pariwisata budaya dompu ibarat membangun rumah dengan lima pilar, yaitu akademisi, bisnis, community, government, dan media, yang sering disingkat ABCGM. Menurutnya, kelima pilar ini harus sama-sama kuat. Semua memiliki komitmen dan saling mendukung untuk mewujudkan sebuah bangunan yang kuat dan kokoh.



"Jika kelima pilar ini sama-sama saling dukung dan memiliki tujuan yang sama untuk kemajuan kita bersama, maka pariwisata dompu pasti akan kuat, kokoh dan sudah tentu akan terwujud pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," katanya.


Pasang Iklan Disini :


Lebih lanjut dirinya, lima Pilar Ini juga perlu harus didukung dengan Anggaran yang memadai, kitika itu terpenuhi barang tentu semua capaiyan yang di lakukan akan kita rasakan bersama keberhasilanya. 



"Hal yang paling urgent yang harus benar benar di perjuangkan saat ini, bagai mana semua tempat wisata yang ada di tata dengan berbagai aspek, mulai dari SDM, UMKM, Budaya, infastruktur dan aspek lainya, ketika semua itu terpenuhi tentu Jelas dapat menarik para wisatawan mancanegara yang ada untuk bisa datang ke kabupaten Dompu,"Ungkap dirinya. 

Simak Videonya Dibawah Ini 👇👇👇

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Dompu menyampaikan, ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang memang harus ada di pemerintah ini di antaranya pembangunan pariwisata digital. 



"Program ini akan sangat mendukung pembangunan pariwisata budaya Kabupaten Dompu yang berkualitas dan berkelanjutan, insallah semua itu akan kami upayakan Satu persatu pengembangan nya,"tutup Kadis Pariwisata Dompu. (fhen).