Adanya Rencana Festival Tambora Tahun 2022, Disbudpar Dompu Gelar Rapat Perdana

Kategori Berita


.

Adanya Rencana Festival Tambora Tahun 2022, Disbudpar Dompu Gelar Rapat Perdana

4 Feb 2022
Foto Kadis Disbudpar Kabupaten Dompu NTB Saat Mengambarkan Rencana Festival Tambora Yang Akan Digelar .


Dompu, Bidikinfonews.com - Adanya rencana kegiatan Festifal tambora tahun 2022 mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu mengelar rapat perdana di ruang Kadis setempat Juma'at (4/02/22).


Rapat yang di pimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata lr. M Muis Msi. tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Disbukpar Dompu dan dihadiri oleh Kepala Balai Nasional Tambora Kabupaten Dompu, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Kepala Bidang Kabit Visik Sarana prasarana Bappeda Litbang, dan jajaran pemerintah Disbudpar lainya. 


Baca Juga :kepengurusan pbvsi dan ptmsi dinilai


"Hari ini kami mencoba Mendektesi Pelaksanaan Event Pesona Tambora 2022, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Dompu NTB bersama dengan Instansi terkait, rapat koordinasi ini untuk mengtahui persiapan-persiapan kebutuhan dan apa yang direncanakan nanti pada vestifal tambora yang akan diselenggarakan,"ujarnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata lr. M Muis Msi.


Rapat sekaligus Covimoning ini bertujuan untuk menyatukan pandangan pemikiran serta gagasan jelang vestifal tambora yang akan dilaksanakan nantinya. 

"Saya berharap kepada seluruh dinas terkait dapat mendukung mendorong kegiatan vestifal tambora ini, selain vestifal kita juga berencana fokus mengadakan lomba surving sekala Nasional, dan Pacuan Kuda, untuk itu kita bersama pemerintah terkait berdiskusi dan bersepakat membagi job titik fokusnya untuk beberapa kegiatan yang ada,"terangnya. 


Muis menjelskan bahwa mereka sejauh ini sangat berharap kepada pemerintah terkait. "jujur saja hari ini kami berharap kepada pemerintah Bidang Kabit Visik Sarana prasarana Bappeda Litbang, dengan keterbatasan anggaran yang kami dapatkan hari ini, dapat di lihat dan didukung lah bu, demi kemajuan wisata yang ada,"ungkap kadis sambil tersenyum sipul. 

Pasang Iklan Disini :


Rapat yang dilaksanakan kali ini dapat disimpulkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh dinas Disbukpar dan masing-masing bidang dan instansi terkait sudah mencapai 75%, dalam perencanaanya baik itu Persiapan yang akan dilakukan nantinya.


"Iven festifal tambora tersebut akan digelar sesudah lebaran natinya, sesui dengan klender provinsi. Kegiatan yang digelar nantinya ada beberapa mata perlombaan antara lain yaitu, lomba Tarian klasik tradisional, lomba mewarnai, Toksou, Kemah Bakti, pembuatan  video tentang tambora dan perlombaan lainya,"bebernya Kepala Balai Nasional Tambora Kabupaten Dompu, Yunaidi, S.Si.

Fito Bersama Usai Rapat Perdana Digelar 


Yang mengikuti beberapa mata perlobaan nantinya, bisa dari masayarakat diwilayah sekitar, sekolah dan lain sebagainya.


"Maka dari itu saya berharap dukungan dari pemerhati daerah dan jajaran lainya, dalam pelaksanaan kegiatan atau even yang akan digelar nantinya,"harapnya.


Di tempat yang sama juga, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Yani hartono. Sp mengatakan bahwa adanya rencana vestifal tambora tersebut pihaknya sangat mendukung adanya rencana pembangunan wisata yang ada sala satunya kegiatan tahunan seperti vestifal tambora.


"Kami dari dinas LH sendiri, adanya rencana kegiatan Festival ini kami sangat mendukungnya, cuman ada sedikit saya harapkan kepada jajaran pemerintah terkait, agar dapat sama-sama mengembangkan pariwisata yang ada, lebih lanjut Festival tambora ini,"bebernya. 


Lanjut dirinya berharap agar semua pihak harus belajar dari kekurangan di masa lalu, dalam pelaksanaan Festival tambora nantinya.


"Kekurangan yang dimaksut seperti, salah satu contoh, pada kegiatan tersebut harus dilibatkan beberapa lembaga masyarakat dan pemudah yang ada sekitar, agar kegiatan dapat di dukung didorong, karena di tahun kemarin usai kegiatan itu digelar langsung pulang, sementara sisah sampah dibiarkan begitu saja, untuk itu kami nantinya akan mengajukan kerja sama dalam bentuk penyidian Bak sampah pada kegiatan itu nantinya,"jelasnya. (bidik01).