Rapat Tingkat Tinggi Hadirkan Solusi, Mulai Besok Bulog Pastikan Menyerap Semua Gabah Petani Sesui HPP

Kategori Berita


.

Rapat Tingkat Tinggi Hadirkan Solusi, Mulai Besok Bulog Pastikan Menyerap Semua Gabah Petani Sesui HPP

15 Mar 2022
Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Pihak Pinca Perum Bulog Bima, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Beserta Jajaran Lainya saat memberikan keterangan pers


Dompu, Bidikinfonews.com - Menindaklanjuti keluhan para petani soal anjloknya harga gabah, Bupati Dompu, Kader Jaelani (AKJ) bersama DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Dompu, mengelar rapat tingkat tinggi diruang rapat Pemda Dompu Selasa (15/03/2022).


Rapat penanganan anjloknya harga gabah pera petani tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Dompu dan dihadiri Wakil Bupati, Kapolres Dompu, Ketua DPRD Dompu, beserta Ketua-ketua Komisi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas, serta Pimpinan Cabang (Pinca) Perum Bulog Bima.


Baca Juga :Anjloknya Harga Gabah, Suharlin: Cabut Ijin Bulog, Bupati Penuhi Janji Politiknya


Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani (AKJ) usai rapat tersebut digelar, menyatakan dengan tegas bahwa untuk menyelesaikan persoalan anjloknya harga gabah sekarang, Bulog Bima bersedia menyerap (red membeli) gabah para petani sesuai Harga Pembelian yang ditetapkan oleh Pemerintah pusat (HPP).


Sementara dilain sisi Pemerintah Daerah juga membuka ruang dan memberikan kebebasan bagi pengusaha luar daerah untuk dapat menyerap gabah petani di Dompu, tentunya dengan harga yang diharapkan para petani yang ada.

Foto Bupati Dompu Berserta Jajaran Pemerintah lainya Usai Rapat Tingkat Tinggi Digelar


"Pemerintah telah bersurat ke Badan Pertahanan Pangan, saya sendiri yang akan mengantarkannya besok. Selain itu, Pemerintah juga akan tetap melakukan operasi pasar,”terangnya. 


Pasang iklan Disini :


Ditempat yang sama, Pimpinan Cabang (Pinca) Perum Bulog Bima, Wilya Fatayani. juga mengatakan akan mulai menyerap (red membeli) gabah para petani di Dompu mulai besok, tentu dengan Harga sesui (HPP).


Sesuai Permendag nomor 24 tahun 2020 bahwa, untuk gabah kering panen (GKP) ditingkat petani diserap sebesar Rp4.200/Kg dan ditingkat penggilingan sebesar Rp4.250/Kg. Sementara gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan diserap Rp5.250/Kg dan di gudang Bulog sebesar Rp5.300/Kg.


"Penyerapan gabah para petani tentu pasti akan kami lakukan, memulainya besok Rabu (16/03/22). (bidik01).