Hidupkan Kembali Kejayaan Dompu, Kader Jaelani Launching Logo Taman Festival Tambora Tahun 2022

Kategori Berita


.

Hidupkan Kembali Kejayaan Dompu, Kader Jaelani Launching Logo Taman Festival Tambora Tahun 2022

12 Apr 2022

Foto Bupati Dompi Berserta Jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Dompu NTB Saat Launching logo dan Taman Festival Tambora tahun 2022.

 

Dompu,- Bidikinfnews.com - Tepat 207 Tahun Hari Jadi Kabupaten Dompu, Dihitung sejak 11 April 1815 Masehi saat letusan dahsyat Gunung Tambora. Pemerintah Kabupaten Dompu NTB  mengenangnya denga mengelar Uacara Hut serangkaian dengan Launching logo dan Taman Festival Tambora tahun 2022.


Launching terhadap logo dan Taman Festival Tambora tersebut dilaksanakan langsung oleh pihak Bupati dan Wakil Bupati, Kader Jaelani-H. Syahrul Parsan, ST, MT bertempat di lapangan beringin Pemda Dompu. Senin (11/04/22) sekitar pukul 10.00 wita.


Baca Juga :hut dompu yang ke 207 bupati mengajak


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Ir. Abdul Muis pada sejumlah wartawan menjelaskan, logo dan Taman Festival Tambora Tahun 2022. di desain dengan makna dan filosofis historis peradaban Dompu sendiri. 


"Salah satunya pertama, Ada lima helai rambut kuda yang melambangkan adanya lima program daerah, makna yang Kedua yakni kuda yang meloncat lalu berlari yang sekencang kencangnya, itu adalah makna yang melambangkan semangat baru Pemda Dompu untuk berkembang lebih maju,"ujarnya.


Lanjut Muis, kemudian makna yang Ketiga yaitu, terkait dengan hari jadi Dompu, dimana saat setelah terjadi tragedi letusnya tambora itu lah adanya angka 207/1815 tersebut.

Foto Ir. Abdul Muis Msi Kadis Disbudpar Kabupaten Dompu NTB 

Sementara terkait makna dari warna itu sendiri, Muis menjelaskan bahwa desain dibuat tentu pasti disesuaikan dengan visi Indonesia dan daerah untuk membangun juga memajukan ekonomi daerah melalui pariwisata darah indonesia saat ini. 


"Dalam perayaan festival Tambora Tahun 2022, kami menampakan menuntukan jati diri Dompu yang selama ini masih tersembunyi. berdasarkan hasil penelusuran dan kajian pemerintah daerah melalui kami di tingkat dinas Disbudpar, tentu akan memastikan menyatukan dengan kata "INI DOMPU" kata itu memiliki makna didalamnya,"terang Muis. 


Dompu adalah kota yang memiliki sejarah tiga beradaban yaitu, Aninisme, Hindu/Budha dan Islam, dimana didalamnya diketahui melambangkan semangat, kehebatan, Kabupaten Dompu pada jaman Kerajaan Dompu yang sudah ada sejak 4000 sebelum Masehi.


Pasang iklan Disini :


Semua itu telah tercatat dalam sejarah Kartagama, bukan hanya itu Dompu juga terdapat dalam Sumpah Palapa, dimana satu isinya yakni Gajah Mada tidak akan memakan biji Palapa sebelum mampu menaklukkan Kerajaan Dompu. 


Hal itu menandakan bahwa Dompu ini sangat luar biasa karena tidak mampu ditaklukkan oleh Gajah Mada. Begitu juga dangan meletusnya Gunung Tambora 1815 ternyata, letusan tersebut mampu merubah iklim dunia, seperti di negara Eropa sendiri saat itu telah terjadi musim kekeringan yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan kelaparan di Eropa sehingga mengganggu invasi militer Nazi.


"Berangkat dari itusemua kata "INI DOMPU" pemerintah daerah melalui Disbudpar mempunyai tekad sanggat besar ingin mengembalikan kejayaan dimasa lampau,"tegasnya. 


Lanjut Muis mengatakan dengan Semangat dan tekat yang kuat melalui lima program yaitu Jara Pasaka Insa Allah kejaan Dompu menuju yang Mashur insallah pasti tercipta. "Inilah Dompu Negeri tiga peradaban dengan sejuta investasi menuju Dompu Yang Mashur. Tutur Kadis Pariwisata,"ujar Muis.(Adv).