Hut Dompu yang Ke-207, Bupati Mengajak Semua Masayarakat Memajukan Dompu

Kategori Berita


.

Hut Dompu yang Ke-207, Bupati Mengajak Semua Masayarakat Memajukan Dompu

12 Apr 2022
Foto Bersama Bupati Berserta Jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Dompu NTB 

Dompu, Bidikinfnews.com - Hari ini, 11 April 2022, diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 207. Dihitung sejak 11 April 1815 Masehi saat letusan dahsyat Gunung Tambora. 


Pemerintah Kabupaten Dompu NTB melalui Bupati Dompu Kader Jaelani pimpin upacara memperingati HUT atau hari jadi Dompu yang sekarang masuk pada usia ke 207 tahun. Upacara berlangsung di lapangan Beringin Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.


Dalam amanatnya, ada beberapa poin penting yang disampaikan Bupati Dompu Kader Jaelani, terutama mengajak seluruh lapisan masyarakat serta berbagai elemen untuk dapat bekerja sama dalam membangun daerah demi terwujudnya Bumi Nggahi Rawi Pahu yang lebih maju lagi.


Baca Juga :keluarga besar kadisbudpar dompu


Berikut beberapa poin penting yang dipaparkan Bupati Dompu Kader Jaelani dalam amanatnya.


Pertama, Dua tahun terakhir sejak tahun 2020 kita tidak melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun Dompu karena penyebaran virus covid-19 namun pada hari ini, kita melaksanakan kembali upacara yang sangat bermakna dan memiliki nilai filosofi dan histori bagi pembangunan Daerah.


Kedua, Perjalanan sejarah Kabupaten Dompu di umur ke 207 tahun ini, banyak hal yang telah dan akan kita lakukan bersama khususnya dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui program unggulan Daerah (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan (JARA PASAKA) menuju Dompu yang (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR) yang dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir.


Pasang iklan Disini :


Ketiga, Walau pandemi covid 19 yang mewabah sejak tahun 2020, tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus sebesar 3,21 persen namun meningkat 4,89 persen atau naik 1,68 persen di tahun 2021 yang berbanding terbalik dengan pencapaian angka kemiskinan naik menjadi 12,6 persen.


Adapun IPM 2020 tercatat sebesar 67,84 poin dan di tahun 2021 meningkat 68,45 poin, pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 18,72 persen pada usia harapan hidup menin

Foto Bupati Dompu Kader Jaelani Didampingi oleh Anggota DPR RI Saat Launching Logo dan Tema Festival Tambora

gkat menjadi 66,99 demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh di tengah kondisi negara belum stabil.


Keempat, Dari sisi infrastruktur pelayanan dasar, jalan dan jembatan serta jaringan irigasi mengalami peningkatan, begitu juga penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan sanitasi semakin baik serta penanganan bencana alam.


Kelima, Terkait lingkungan hidup, pemerintah tetap berkomitmen menjaga hutan dan gunung dari kerusakan melalui program Dompu berjasa dengan GREEN BELT di bendungan tanju dan bendungan Mila, kemudian terkait pembangunan pelabuhan nusantara di Kecamatan Kilo saat ini telah memasuki tahap perencanaan penyusunan AMDAL  untuk kemudian pekerjaan konstruksinya insya Allah akan di mulai tahun 2023, 


Selain melaksanakan pembangunan di atas, pada tahun 2022 Kabupaten Dompu mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp. 194 Miliar, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 90 miliar lebih.


Keenam, Terkait penanganan covid 19 pemerintah kab. Dompu bersama Forkopimda terus bekerja sesuai arahan bapak presiden RI Ir. H. Joko Widodo dengan cara menegakkan protokol kesehatan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menyediakan tempat isolasi terpusat serta melaksanakan percepatan vaksin.



Ketujuh, di usia Kabupaten Dompu yang ke 207 tahun kita dapat merayakan dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang telah kita raih bersama.


Untuk keberhasilan itu, Bupati Dompu Kader Jaelani melalui kesempatan ini ia selaku pimpinan daerah mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh komponen masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu dan seluruh stakeholder yang ada. 


"Kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang sudah bekerja sama dengan baik selama ini, mulai dari petani, nelayan, peternak dan ASN lingkup Pemda Dompu serta TNI / Polri maupun Pemprov NTB saya mengucapkan terimakasih yang setulus tulusnya atas kontribusi dalam membangun Daerah," ucap Kader Jaelani sembari menutup penyampaiannya.


Upacara perayaan HUT Dompu yang ke 207 tahun kali ini tampak hadir, Wali Kota Bima, H. M. Lutfi, SE, Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti, SE, Anggota DPR RI H. M. Syafrudin, ST.,MM, Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Kemudian, Wabup Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A. Md. Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufik, S. Sos, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K, Kepala Kejari Dompu DR. Marlambson Carel Williams, SH.,MH, Ketua PN Dompu Subai, S.H., M.H, Ketua PA Dompu.


Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Dompu Drs. Sahrir, Sekda, Gatot Gunawan PP,  SKM., M. Kes, Staf ahli Bupati, Asisten lingkup Setda Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD se-Kabupaten Dompu, Kepala Bagian Lingkup Setda Dompu.


Hadir pula, Ketua TP-PKK Dompu beserta anggota Ketua GOW Dompu beserta anggota, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Dompu, Camat se-Kabupaten Dompu, Lurah/Kades se-Kabupaten Dompu, tokoh Agama dan tokoh masyarakat.


Adapun petugas upacara di bawah Inspektur Upacara Bupati Dompu Kader Jaelani terdiri dari Perwira Upacara, ditugaskan kepada Pjs Pasi Ops Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah, sedangkan Komandan Upacara, Kanit Redigen Lantas Polres Dompu Ipda Mahardika.


Sementara, di susunan pasukan  upacara diantaranya, TNI, Polri, Pol-PP, Dishub, BPBD, Dinas Instansi, PGRI, Kwarcab Pramuka dan Korsik Pemda Kabupaten Dompu. 


Usai upacara, kegiatan acara diisi dengan acara Launching Logo dan Tema Festival Tambora oleh Bupati Dompu dan di dampingi oleh anggota DPR RI, wali Kota Bima, Bupati Bima, wakil Bupati Dompu serta unsur Forkopimda Kabupaten Dompu maupun Kepala Disbudpar, Ir. A. Muis, M. Si


Penandatanganan Zona Integritas, oleh kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ir. Fakhrudin A. Wahab, M. Si dan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs. A. Najib, di saksikan oleh Bupati, Wabup dan Sekda Dompu.


Penganugerahan tanda kehormatan satya lancana karya satya oleh Bupati Dompu secara simbolis diberikan kepada, Kepala Bidang Penelitian, Statistik dan Pelaporan BAPEDA Dan LITBANG Kabupaten Dompu, Putra Agung Eko Iwin Duarta, ST sebagai tanda kehormatan yang dianugerahkan dalam Satya Karya, Satya 10 Tahun.


Kemudian, penganugerahan tanda kehormatan satya lancana karya satya diberikan kepada Sekretaris BKD dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Dompu, Asraruddin, SH sebagai tanda kehormatan yang dianugerahkan dalam Satya Karya Satya 20 Tahun.


Selanjutnya, penganugerahan tanda kehormatan satya lancana karya satya diberikan kepada Assisten Perekonomian dan Pembangunan SEKDA Kabupaten Dompu, Dra. Hj. Sri Suzana, M. Si sebagai tanda kehormatan yang dianugerahkan dalam Satya Karya Satya 30 Tahun.


Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK pensiun kepada tiga orang PNS yang purna tugas secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati. Ketiga PNS yang purna tugas diantaranya, Rohyani, SH, Kisman Amin, SE dan Suriati, S. Pd.SD.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada pasukan Kuning sebanyak 150 orang yang diserahkan oleh Ketua TP. PKK Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani.


Setelah semua rangkaian kegiatan berlangsung, acara dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Sultan Muhammad Sirajudin di Masjid Agung Baiturrahman di Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. (Adv).