Rapat Persiapan Festival Tambora 2022, Disbudpar : Istigosah Dan Pakaian Adat Dompu Akan Ditampilkan

Kategori Berita


.

Rapat Persiapan Festival Tambora 2022, Disbudpar : Istigosah Dan Pakaian Adat Dompu Akan Ditampilkan

22 Apr 2022
Foto Suasana Saat Rapat Persiapan Vestifal Tambora Tahun 2022 

Dompu, Bidikinfnews.com - Persiapan pegelaran Vestifal Tambora bersamaan dengan hari jadi kabupaten Dompu yang ke-207,  Pemerintah Daerah melalui Disbudpar Dompu bersama Balai Taman Nasional Tambora, mengelar Rapat persiapan pegagalaran Vestifal Tambora secara Daring (Online). 


Rapat persiapan digelar tepat di Ruang Rapat Utama Lantai II Kantor Balai Taman Nasional Tambora pada hari Kamis, (21/04/22) dihadiri oleh Kepala BTN Tambora Yunaidi, S.Si, Pihak Kemenparekraf dan Kadis Pariwisata NTB,  Kadis Budpar Dompu, Ir Abdul Muis, General Manager (GM) Geopark Tambora Ir. Hadi Santoso, Kadis Budpar Kabupaten Bima, Bappeda dan Litbang Kab Dompu, Dinas Dikpora Kab. Dompu dan para pegiat wisata Tambora.



Baca Juga :hidupkan kembali kejaan dompu kader



Dalam rapat tersebut, Kadis Disbudpar Kabupaten Dompu Ir. Muis Msi, pada media ini pukul 15:36 wita menjelaskan, rapat secara online itu di lakukan guna membahas lebih detail tentang persiapan Vestival Tambora yang akan digelar tahun ini. 


"Dalam menyongsong Vestifal Tambora Disbudpar Dompu koloboroasi antar pihak terkait harus intens dilakukan. Kesamaan persepsi tentang puncak acara tanggal 4-5 juni 22 mendatang, kami semua optimis untuk membangun kembali marwah atau wajah Dompu, Dengan selogan "INI DOMPU" Kota Tiga Peradaban dapat di kenal dan maju menuju Dompu yang Mashur,"terang Kadis. 


Pasang iklan Disini :


Tamba Kadis, Kegiatan nantinya akan disesuaikan dengan beberapa kegiatan yang diadakan oleh Balai Taman Nasional Tambora. 


"Kepastian semua pihak (Dompu, bima, prop dan BTNT, akan kegiatan yang sudah fiks untuk dilaksanakan.Terkait pandemi, anggaran khusus utuk kegiatan Vestifal Tambora tidak teranggarkan dalam APBD Dompu tahun 2022,"ujarnya. 


Lanjut Kadis, Di acara puncak nanti Kadis menyampaikan, akan ada satu aktifitas berupa istigosah dengan menggunakan pakaian rimpu dan pakaian adat dompu. Hal ini dilakukan untuk mengenang kembali kejadian letusan tambora 207 tahun yang lalu.

Foto Kadis Disbudpar Tengah Kepala Balai Taman Nasional Tambora Kanan 


 
"Sisi lain dari kegiatan Rapat yang kami maksud adalah, Gaung Hari Jadi Dompu yang sudah menasional dan mendunia, karena bersamaan dengan digelarnya kegiatan Festival Tambora. Bahkan ada yang beranggapan bahwa Gelaran Festival Tambora adalah dalam rangka memperingati Hari Jadi Dompu. Dan ini menjadi tanda tanya bagi Daerah Lain Sekitar,"ungkap Kadis. 

Selain itu, Kadis mengatakan bahwa Dompu juga merasa beruntung karena dengan gelaran Festival Tambora, "otomatis Dompu akan dikenal, baik dari sejarahnya maupun dari Seni dan Budayanya yang ada di kabupaten Dompu.


Disingung bagaimana dengan adanya keinginan sebagian pihak yang ingin mengkaji dan menelusuri kembali tentang Hari Jadi Dompu, yang telah ditetapkan pada tanggal 11 April 1815?.

Foto Kasi Kebudayaan Disbudpar Dompu Bersama Pengiat Wisata Kebudayaan Dompu 

"Bagi kami pribadi, itu sah dan wajar-wajar saja, sepanjang bisa menunjukan data dan fakta yang mendukung untuk dilakukan perubahan, tetapi fokus kami saat ini yaitu, bagai mana Vestival tambora nantinya dapat berjalan dengan lancar dan terlihat spetakuler dengan beragam tampilan budaya peradaban dari jaman kejaman itu dapat dikenal sampai manca negara,"harapnya. 


Itu adalah ending capaiyan yang harus di gapai oleh pemerintah daerah melalui Disbudpar Kabupaten Dompu saat ini. 


"Pemerintah daerah melalui Dinas Disbudpar optimis, berangkat dari perayaan HUT dan pagalaran Vestifal tambora yang digelar tahun 2022 ini, kami akan terus genjot baik disisi Budaya Pariwisata dan kemajuan daerah kita menuju Dompu yang mashur," terangnya. 


Menangapi rencana dan tujuan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) kabupaten Dompu, Sala satu pihak Kemenparekraf 

Ibu Diana mengatakan, dirinya setuju dengan apa yang di agendakan oleh BTNT, Dompu dan Bima.


"Sarannya ada atraksi khusus dalam kegiatan Vestifal Tambora nantinya seperti, yang di usulkan oleh Kadisbudpar Dompu, tentang penggunaan rimpu,"ungkapnya. 


Ibu INA menambahkan, agar segala bentuk kegiatan dibuatkan proposal untuk disampaikan ke Kemenparekraf.


"Saya berharap pada puncak Pelaksaan Vestifal tambora nantinya dompu dapat menonjolkan dan memuat materi promosi pariwisata dan sejarah dompu, Untuk itu, Pemda Dompu diminta khusus untuk membuat surat meminta kehadiran menteri Sandi Uno dalam acara puncak nantinya,"harapnya. (Adv).