Bertema "Dunia Menyapa Tambora" Festival Tahun 2022 Akan Dihadiri Oleh 5 Mentri RI

Kategori Berita


.

Bertema "Dunia Menyapa Tambora" Festival Tahun 2022 Akan Dihadiri Oleh 5 Mentri RI

25 Mei 2022
Foto Kadis Disbudpar Bersama Beberapa Awak Media 

Dompu, Bidikinfonews.com - Gunung Tambora yang menjulang tinggi dengan kisah yang menumpahkan Air mata Dunia mengubur hidup-hidup 2 (Dua Kerajaan Pekat dan Tambora hinga merubah iklim Dunia.


Kini kisahnya tak lagi samas seperti dengan 207 tahun lalu, Tambora sekarang menyimpan banyak keunikan dan keistimewaan Kaldera bermata Surgah Dompu kini diberikan julukan Savana berjiwa "Africa Van Dompu".


Baca Juga:penutupan festival teater antar pelajar


Peristiwa kelam itu sekarang akan di ingat melalui perayaan HUT di rangkai dengan Festival Tambora yang ke 207 Tahun 2022 yang akan di gelar di Savana Doro Ncanga pada tanggal 4 Juni mendatang.


Pada perayaan Festival Tambora ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu mengatakan akan hadirkan Lima Mentri Republik Indonesia pada puncak acara yang di gelar nantinya.


Pasang Iklan Disini:


Kehadiran ke lima Mentri pada pelaksanaan HUT Dompu itu, tidak lain guna menyaksikan mendukung dan juga mensuport jalannya pelaksanaan kegiatan yang digelar tersebut.


"Dinas Disbudpar Dompu sekarang telah menyediakan fasilitas pendukung di beberapa destinasi wisata yang ada di Savana Doro Ncanga antara lain yaitu, kendaraan Offraud, Houmste, Choffisop, Wisata Berkuda, dan fasilitas - fasilitas lainya bagi para pengunjung yang ada,"terang Kadis Disbudpar kabupaten Dompu Ir. Abdul Muis. Mai saat ditemui oleh beberapa awak media di ruang kerjanya, Rabu (25/05/22).


Pihaknya mengatakan, pada puncak perayaan Hari Jadi Dompu nantinya akan di hadiri oleh Lima Mentri Republik Indonesia,


Ka lima Mentri yang di maksud antara lain, Mentri Pariwisata RI, Mentri SDM RI, Mentri Bappenas RI, Mentri LH RI dan Mentri Maritim dan Investasi RI. 


Pasang Iklan Disini:


Momentum kegiatan yang jatuh pada tanggal 4 bulan Juni 2022 nantinya, Disbudpar sendiri telah menyiapkan beberapa persiapan kehadiran ke lima Mentri RI yang akan mengisi puncak kegiatan Festival Tambora.


Dirinya berharap Kehadiran lima menteri RI ini mampu memberikan sumbangsih masing-masing untuk mendukung tema yang digagas Pemerintah Daerah yaitu "Dunia Menyapa Tambora" yang berskala Internasional.


"Sumbangsih yang kita harapkan seperti, Menteri Bappenas melalui perencanaannya, Menteri Maritim dan Investasi, untuk memfasilitasi Investasi yang di dalamnya ada Kemaritiman, kemudian Menteri LH dengan upayanya dalam menjaga hutan. Yang menjadi trigger itu adalah menteri pariwisata, karena semuanya itu nanti akan dikemas dalam bentuk destinasi atau atraksi pariwisata, kemudian Menteri SDM, disitu ada susunan geologinya (debu vulkanik), karena ini gunung yang pernah meletus" Ungkap Kadisbudpar Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 25 Mei 2022.


Dalam agenda kedatangan para menteri ini, Pemerintah Kabupaten Dompu kini menggagas rencana untuk membuat MoU dengan menteri LHK tentang pengembangan destinasi wisata yang ada di kawasan Tambora (Doroncanga).


Pada area Doroncanga nanti, Pemda Dompu akan membuat resort untuk senter points, aktivitas wisata disekitarnya yang telah dinamakan "Safari Savana Doroncanga" atau disebut (Africa Van Dompu). (bidik01)