Penutupan Festival Teater Antar Pelajar, Disbudpar Dompu Bagi Hadia Dan Piagam Penghargaan Pada Pemenang

Kategori Berita


.

Penutupan Festival Teater Antar Pelajar, Disbudpar Dompu Bagi Hadia Dan Piagam Penghargaan Pada Pemenang

24 Mei 2022
Foto Bersama Wakil Bupati Dompu Kadis Disbudpar Dompu Bersama Para Juara Festival Teater Dok. Bidikinfoinews.com

Dompu, Bidikinfonews.com - Malam Puncak Festival Teater Pelajar dan pekan budaya yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu NTB, kini resmi di tutup dengan membagikan piagam penghargaan dan beberapa hadia pada para juara lomba Senin malam, (23/05/22).


Pagelaran Festival Teater diadakan tersebut, diketahui adalah sala satu bagian dari beberapa rangkaian kegiatan perayaan hari jadi Dompu yang ke 207.


Baca Juga:pegelaran festival teater antar pelajar


Penutupan acara ini ditandai pemukulan gong oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ir. Abdul Muis, M.Si.


Festival teater pelajar dan pekan budaya yang digelar selama tiga hari ini telah melahirkan banyak remaja kreatif dan berbakat dalam bidan seni budaya, mereka mampu mengekspresikan bakat mereka dengan totalitas, selain pandai memainkan irama cerita, dalam aksinya mereka juga menyampaikan pesan moral tentang kehidupan di Bumi Nggahi Rawi Pahu lewat teater yang dipersembahkannya.

Simak Videonya Dibawah ini 👇👇👇


Festival teater dan pekan budaya ini juga bisa bangkitkan kembali kesenian budaya di Dompu yang 15 tahun mengalami mati suri. Lewat kesempatan itu wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT, berjanji akan menggelar kegiatan semacam ini sebagai rutinitas masyarakat setiap tahun. 


"Tujuannya untuk menyalurkan bakat siswa sekolah dan meminimalisir kenakalan remaja, seperti panahan dan narkoba yang diketahui marak terjadi di tingkat sosial saat ini,"ujar Wakil Bupati Dompu.


Pasang iklan Disini:


Malam penutupan festival teater pelajar dan pekan budaya tingkat SMA  Se-Kabupaten Dompu berjalan dengan baik, dan berakhir dengan diberikan piagam penghargaan bagi aktor dan aktris terbaik oleh Walik Bupati Dompu Kadis Disbudpar Dompu dan para pejabat Daerah lainya.


Hasil catatan penilaian para juru festival teater yang ada melahirkan beberapa kategori bagi para juara lomba yang ada antara lain yaitu, Penyaji terbaik, Sutradara terbaik, Penata arsitek terbaik, Penata musik terbaik, Pemeran atris terbaik, Pemeran aktor terbaik, Pemeran pembantu atris terbaik dan pemeran pembantu aktor terbaik.

Foto Bersama Para Juara Bersama Kadis Dan Kabid Budaya Disbudpar Kabupaten Dompu, Usai Penyrahan Hadia dan Piagam Penghargaan 

Dalam kategori pembatu aktor terbaik yang di bacakan yaitu diraih oleh saudari Izul, dari SMA 1 Woja, dan Pembatu aktris terbaik diraih oleh saudari Dina Isna Hariati, dari SMA 1 Dompu, sementara Pemeran aktor terbaik diraih oleh saudari Ledo, dari SMA 2 Dompu.


Bukan hanya itu, Pemeran aktris terbaik juga diraih oleh Dina Lestari Dari SMA 2 Dompu. Penata musik terbaik diraih oleh SMA 2 Dompu. Penata arsitek terbaik diraih oleh: SMA 2 Dompu. Penyutradaraan terbaik diraih oleh SMA 2 Dompu. Penyaji favorit terbaik diraih oleh SMK 1 Dompu. Penyaji terbaik diraih oleh : SMA 2 Dompu.


Sementara yang dinobatkan sebagai juara umum Festival Teater Pelajar Kabupaten Dompu, diraih oleh: SMA 2 Dompu. Naskah Karya Wawan Irawan. Judul : Doro Kola. Mereka berhasil membawa pulang piala bergilir dari Disbudpar Dompu.

Foto Bersama Kadis Dan Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Dompu Bersama Tiga Juri Festival Teater

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu Ir. Abdul Muis M.Si. di temui media ini usai kegiatan Festival tersebut mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pemeliharaan dan memperhatikan serta mengimplementasikan nilai-nilai budaya guna mewujudkan bangsa atau daerah yang hebat.


"Kami atas nama pemerintah yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, lewat festival teater antar pelajar malam ini, adalah malam terbaik bagi kita untuk memulai memelihara, mengenang dan merehabilitasi serta mengimplementasikan nilai-nilai budaya yang ada di sekitar kehidupan kita," terang Kadisbudpar.


Pria yang biasa disapa Pak Daeng ini menerangkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Dompu di bawah tongkat kekuasaan AKJ-SYAH, akan terus perupaya memunculkan kembali semua budaya dan adat khas dompu yang kini seolah tak terlihat lagi. 


"Jadi itu semua diperlukan suatu pembuktian kemudian terlegitimasi bahwa Dompu memiliki budaya khas yang melekat pada dirinya, sala satunya yaitu makanan khas dan tenunan khas Kabupaten Dompu yang bukan dari daerah lain," terang Pak Daeng.


Melalui kegiatan itu pula, lanjut Pak Daeng, adalah momentum yang tepat untuk menunjukan jati diri bahwa Bumi Nggahi Rawi mampu merawat nilai-nilai budaya menuju Dompu yang Mandiri, Sejahtera dan Religius (Mashur).


Kegiatan ini disponsori oleh Bank NTB Syariah, Bank Syariah Indonesia (BSI), PLN, Bank BRI, Pegadaian, PT. STM, STIE Dompu dan Bank Mandiri. (Adv).