Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Dompu Gelar Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemulah

Kategori Berita


.

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Dompu Gelar Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemulah

25 Agu 2022
Foto Bersama Ketua Bawaslu berserta Anggota Pemilih Pemula Usai Ngobaras di Caffe Wombo O,o  


Dompu- Bidikinfonews.com -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif terhadap pemilih pemulah tepat di Caffe Wombo O,O KelurahanKarijawa Kabupaten Dompu NTB pada Kamis  (25/08/22).


Kegiatan ini dimaksud untuk memberikan pemahaman  tentang Pengawasan Partisipatif serta mengajak para pemili pemula untuk berperan aktif dalam mengawal pesta Demokrasi serentak yang akan dilaksanakan 2024 nantinya.


Baca Juga :bawaslu dompu lewat ngobras diminta


Dalam hal ini Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs Irwan menjelaskan sosialisasi ini dilaksanakan dengan dasar, Bawaslu memiliki peran dan fungsi untuk meingkatkan pengawasan partisipatif.


“Karena itu secara fungsih Bawaslu  adalah melakukan pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa proses. Secara umum memang Bawaslu yang mengawasi seluruh tahapan pemilu,  tetapi dalam negara demokrasi sebenarnya masyarakat seperti adik adik lah yang menjadi stakeholder atau pelaku utama pengawasan”, ujar Irwan


Karena itu sebagai dari masyarakat merupakan hal penting untuk ikut menunjang pelaksana pemilu yang luber (Langsung Umum Bebas Rahasi) Jurdil (Jujur dan Adil) serta Demokratis.

Ketua Bawaslu Didampingi Anggota Saat Memberikan Pengarahan tentang Pemilu 


Selain itu Irwan menjelaskan terkait dengan yang sering kali terjadi kerwanan pada saat Pemilu dan Pemilihan adalah Money Politik yang sebenarnya dilarang oleh agama maupun Undang-Undang. tidak menutup kemungkinan para pemilih pemula saat ini dan pada tahun 2024 nanti menjadi sasaran empuk.


“agar nantinya para pemilih pemula jangan sampai menerima uang untuk untuk memilih salah satu calon, karena nantinya pemberi dan penerima bisa terkena pidana pemilu,” terangnya


Ia juga menjelaskan titik rawan selanjutnya yaitu brita hoax yang sering ditemukan pada saat Pemilu yang kerpa beredar di media sosial terjadi nanti pada saat masa kampanye pemilihan.


Pasang Iklan Disini :


Irwan mengajak kepada seluruh pemilih pemulah agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu serentak tahun 2024, jika nanti menemukan adanya kecurangan dalam pemilihan agar melaporkan ke Bawaslu Kabupaten Dompu dan selanjutnya dapat ditelusuri kebenaran infoamsi awal tersebut.


Di akhir penyampaiannya irwan menghimbau kepada seluruh siswa agar nantinya dapat menyampaikan informasi dari sosialisasi ini kepada teman dan keluarga. 


Sementara itu Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Koordinator Divisi Hukum Swastari Haz, biasa di sapa Aca Tari menjelaskan Bawaslu  Goes To Campus merupakan program yang direnakan oleh Bawaslu RI dengan sasaran Pelajar sekolah dan mahasiswa, yang pada Pemilu 2024 mendatang memiliki hak pilih atau hak konstitusi.


“Jadi untuk siswa yang hadir pada sosialisasi ini nanti di tahun 2024 sudah memiliki hak konstitusinya, jadi penentuan masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kita semu,” ujar aca tari.


Lanjut Aca Tari dalam Negara demokrasi pemilu merupakan wadah untuk warganya setiap lima tahun sekali.


“Jadi setiap lima tahun, kita melaksanakan pemilihan umum. Biasanya kita memilih lima kota suara. Pertama pemilihan Presiden, kedua DPRD RI, ketiga DPD RI, Keempat DPRD Provinsi, dan kelima DPRD Kabupaten/Kota,” lanjutnya.


Dia menginformasikan, Pemilu mendatang akan dilaksanakan pada 14 Februari Tahun 2024 dan  Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada bulan November 2024 di Provinsi, dan Kabupaten/Kota.


Maka dari itu saya berharap kepada pemilh pemulah dapat membantu Bawaslu dalam pemilu nanti.(bidik01).