Sukseskan Program Jara Pasaka, Disnakeswan Dompu Lakukan pengembangan peternakan

Kategori Berita


.

Sukseskan Program Jara Pasaka, Disnakeswan Dompu Lakukan pengembangan peternakan

15 Okt 2022
Foto Kepala Disnakeswan Kabupaten Dompu, Ir. Zainal Arifin, M.Si, 


Dompu, Bidikinfonews.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu, tengah melakukan berbagai langkah untuk menunjang kegiatannya mensukseskan program Jara Pasaka dibidang pengembangan peternakan. 


"Saat ini kami difasilitasi Bappeda dan Litbang sedang menyusun rencana kerja (aksi). Saat ini masih dalam proses penyusunan," ungkap Kepala Disnakeswan Kabupaten Dompu, Ir. Zainal Arifin, M.Si, saat di konfirmasi wartawan di kantor Pemda Dompu, Senin (7/2/2022). 


Baca Juga :disnakwan dompu terapkan cara


Kata Kadis, perencanaan ini tentunya menyangkut kegiatan jangka panjang dan pendek. Meski program Jara Pasaka hanya tertera mengenai Sapi, tapi  pihaknya tetap fokus untuk meningkatkan perannya dalam mengembangkan semua ternak dan menciptakan kesejahteraan untuk para peternak. 


"Kami tidak fokus mengembangkan ternak Sapi. Tapi juga ternak lainnya demi mewujudkan misi peningkatan ekonomi masyarakat. Inilah yang kami lakukan," jelasnya. 


Lanjut Kadis, penanganan masalah di bidang peternakan terus ditangani. Salah satunya, ketersediaan pakan dengan terus menggalakkan penanaman Lamtoro dan sarana prasarana pendukung terus dibenahi. "Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan dan mengsukseskan program Jara Pasaka," terangnya. 


Pasang Iklan Disini:


Harapnya tambah Kadis, kedepan populasi ternak khususnya Sapi bisa meningkat dengan peningkatan kualitas dan produktivitasnya. Termasuk IB yang sampai saat ini terus kami galakan," paparnya. 


Selain berbagai item itu, apakah ada rencana pembangunan sarana dan fasilitas pendukung? 


Sambung Kadis, itu juga yang sedang direncanakan dan dibahas bersama Bappeda dan Litbang Dompu. "Intinya, kami sedang menginvertaris langkah jangka panjang dan pendek. Ini yang kami bahas," jelasnya lagi. 


Bagaimana mengenai ketersediaan anggaran?


Kadis menegaskan, itu juga menjadi poin utama yang dibahas dengan Bappeda dan Litbang. "Ini juga yang kami bahas," tandasnya.(bidik01).