Tingginya Permintaan Darah, Ketua PMI Dompu Minta Dukungan RDDS dan Pemerintah Wujutkan Bank Darah

Kategori Berita


.

Tingginya Permintaan Darah, Ketua PMI Dompu Minta Dukungan RDDS dan Pemerintah Wujutkan Bank Darah

20 Nov 2022
Foto Kurnia Ramadhan, SE.,M.E Ketua PMI Kabupaten Dompu NTB.

Dompu, Bidikinfonews.com - Darah sangat berperan penting dalam tubuh manusia. Bahkan kebutuhan pasokan darah manusia setiap harinya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kantung setiap harinya. Makanya sekarang ini sering banget diadakan donor darah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Seperti halnya yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Dompu NTB sekarang, dengan mengandalkan Relawan Donor Darah sukarela ( RDDS ) PMI Dompu mulai saat ini sampai dengan bulan Nopember 2022  PMI memiliki RDDS memiliki sejumlah lebih kurang 247 Orang dengan Golongan Darah terbanyak O dan Golongan Darah Paling sedikit AB. 


Baca Juga :proyek jalan tani dikerjakan asal jadi


Hal itu disampaikan oleh Ketua MPI Kabupaten Dompu, Kurnia Ramadhan, SE.,M.E pada media ini Minggu (20/11/22) Sekitar pukul 21:20 Wita, pihaknya mengatakan bahwa saat ini pertumbuhan permintaan darah mencapai 70 Porsen orang. Para DDS  ini sampai dengan bulan Nopember sudah melakukan Donor Darah karena permintaan Darah juga di Grup PMI sangat tinggi. ( 2 sampai 3 Orang Perhari ) 


"Untuk sementara ini PMI hanya memiliki Bang Darah berjalan dengan mengandalkan Relawan Donor Darah sukarela ( RDDS ) untuk itu PMI Dompu optimis ngotot karena ingin memiliki kemandirian mengelola Darah melalui Bank darah,"ujarnya.

Surat Rekomendasi Bupati Dompu 

Pria yang akrab dipanggil bang kurnia kembali menjelaskan adanya persoalan belum cukup terpenuhinya kebutuhan darah tiap bulan, sementara permintaan darah yang begitu tinggi ditamba relawan yang yang cukup terbatas mendorong DDS PMI tiap 3 bulan semuanya mendonorkan Darahnya.


"Kami bersama dengan teman - teman Utd Rsud Dompu melakukan kegiatan Donor Darah, baik secara Independen atau bermitra maka tempat Penampungan Darah diserahkan ke UTD RSUD Dompu. Seandainya PMI ada dukungan pemerinta seperti Daerah lain Mislanya markas dan tempat yang representativ sebagai salah satu syarat untuk meyakinkan PMI Pusat sehingga memberikan dukungan dan bantuan maka Kami yakin proses Akselerasi menuju pendirian Bank Darah akan mudah terwujud,"terang Bang Kurnia.


Pasang Iklan Disini:


Lanjut Bang Kurnia, Saat ini mereka sedang gencar - gencarnya bekerja melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya menjadi Relawan Donor Darah Sukarela (  DDS ). Tetap. sebagai bagian memaintenance agar terjadi Pertumbuhan Jumlah PENDONOR darah sukarela ( DDS ).


"Target Kami tahun 2023 sejumlah  = 500 Orang DDS Tetap. Alhamdulillah dengan adanya dukungan DPRD berupa rekomendasi ditujukan kepada Pemerintah Daerah untuk mengadres issu -issu tersebut sudah ada tinggal menunggu perkembangan dan kemajuan selanjutnya,"ungkapnya..


Lebih lanjut pihaknya meminta mohon Doa dan dukungan semua pihak agar banyak yang tersentuh hatinya menjadi pahlawan Kemanusiaan Khususnya Pendonor Darah Sukarela Tetap (DDS) serta cita - cita mendirikan Bangk Darah bisa di wujidkan. (bidik01).