Beberapa Rumah Warga Mangge Maci Terancam Longsor, Hendro : Minta Bupati Dompu Segera Normalisasi Sungai

Kategori Berita


.

Beberapa Rumah Warga Mangge Maci Terancam Longsor, Hendro : Minta Bupati Dompu Segera Normalisasi Sungai

10 Mar 2023
Foto Hendro Yadin Saat Menunjuk Kondisi  Sala_Satu Rumah Warga Mangge Maci yang terdampak Bencana  Longsor 

Dompu NTB, Bidikinfonews.com - Akibat itensitas hujan yang cukup tinggi melanda wilayah Kabupaten Dompu akhir-akhir ini, membuat tebing sungai di sepanjang Lingkungan Mangge Maci Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB amblas, dan beberapa unit rumah warga terancam longsor, Juma'at (10/03/23).


Adanya kondisi tersebut, warga yang tinggal di bantaran sungai sekitar khawatir akan bencana yang terjadi menimpa mereka saat ini.


"Kondisi seperti saat ini kami alami setiap musim hujan terjadi tiap tahunnya, Tetapi yang kami sesalkan terhadap pihak pemerintah terkait kejadian amblasnya tebing dibiarkan tanpa ada penanggulangan yang dilakukan oleh mereka,"Ujar Sala satu Warga Setempat, Hendro Yadin yang biasa di sapa Dade Hendro Saat di temui oleh media ini di lokasi setempat Sekitar Pukul 11:57 WITA.


Baca Juga :kadis lhk provinsi ntb dan pemda dompu


Hendro mengatakan, jika unsur pemerintah yaitu Bupati Dompu bersama pihak Dinas PU dan Pemerintah kelurahan, Kecamatan sudah melakukan survey kondisi lokasi tersebut.


"Nah itulah yang menjadi pertanyaan besar kami, sampai saat ini pemerintah Kabupaten Dompu belum juga ada realisasi perbaikan yang di lakukan oleh pihak terkait, sementara beberapa rumah warga yang ada di bantaran sunggai benar_benar terancam setengah dari rumah milik mereka sudah longsong, kondisi itulah yang menjadi dasar kami meminta pemerintah memperbaikinya, "Terangnya.


Foto Hendro Yadin Mendampingi Ketua RT setempat di Lokasi Musibah Longsor Terjadi

Lanjut dirinya menjelaskan, bukan hanya persoalan rumah yang terancam amblas warga setempat keluhkan, tetapi yang membuat warga setempat bertanya-tanya, satu pekan terakhir mereka yang sering bahkan menjadi langganan banjir mengaku tidak pernah di berikan bantua oleh pemerintah daerah.



"Selam banjir yang terjadi menimpah kami di musim hujan saat ini, tidak pernah ada bantuan yang di salurkan oleh pemerintah, sementara akibat dampak musibah banjir ini, banyak warga yang mengaku mengalami beberapa bentuk penyakit sala satunya yaitu gatal_gatal dan penyanyi lainya,"bebernya.


Pasang Iklan Disini:


Ditempat yang sama Jukifli alias Juragan juga mengatakan bahwa persoalan yang di alami oleh warga setempat akan segera di tanggani (perbaiki red) oleh mereka se saat mereka turun melihat dan melakukan survey kondisi lokasi tersebut.



"Namun sampai saat ini, janji tersebut belum juga ada realisasinya. Kami sayangat berharap kepada pihak pemerintah apa yang di janjikan dapat segera  di realisasikan memperbaiki tanggul ini," ungkapnya 

Foto Suasana dan Kondisi Warga Mangge Maci Kelurahan Simpasai yang Terdampak Musibah Longsor


Tambah juragan mejelaskan, Kekhwatiran warga sangat beralasan, pasalnya, jarak antara Sungai dan pondasi Rumah Warga sekitar hanya berkisar satu meter.


"Untuk itu, kami meminta pemerintah secepatnya memperbaikinya dan melakukan normalisasi alur sungai, supaya rumah warga sekitar terhindar dari musiba longsor yang di kewartirkan oleh kami," harapnya.



Sampai berita ini disiarkan, Bupati Dompu, Kadis PU, dan pihak BPBD belum bisa ditemui untuk di mintai keterangan terkait persoalan yang di alami warga Lingkungan Mangge Maci Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB.(bidik01).