Tingkatkan Optimalisasi Program Percepatan Penurunan Stunting dan KB, Kadis DPPKB Berharap Kerjasama yang Baik Semua Pihak

Kategori Berita


.

Tingkatkan Optimalisasi Program Percepatan Penurunan Stunting dan KB, Kadis DPPKB Berharap Kerjasama yang Baik Semua Pihak

28 Mar 2023
Foto Suasana Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi program pembentukan kampung keluarga berkualitas dan optimalisasi program percepatan Penurunan Stunting 


Dompu NTB,- Bidikinfonews.com - Tingkatkan Optimalisasi program pembentukan kampung keluarga berkualitas dan optimalisasi program percepatan Penurunan Stunting di seluruh desa dan kelurahan, Dinas DPPKB Kabupaten Dompu gelar Kegiatan Verifikasi dan optimalisasi di La_Berka Kafe room, sekira pukul 10 : 00 Selasa, 28/03/2023.



Kegiatan yang dilakukan di hadiri oleh Bupati Dompu, H. Kadir Jaelani, Setda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan MM. MKes, Hj. Iris Irianti, Maman MM.,MKes,Camat Dompu, Camat Woja, Camat Kempo dan diikuti oleh Beberapa Kepala Desa yang ada.


Baca Juga:dinas dikpora dompu roadshow to smpn 7


Kepala Dinas DPPKB kab Dompu Hj. Iris Irianti dalam sambutannya, kegiatan dimaksud ialah Optimalisasi program pembentukan kampung keluarga berkualitas dan optimalisasi program percepatan Penurunan Stunting di seluruh desa dan kelurahan yang di lakukan saat ini.


"Sesuai Instruksi Presiden no.3 tahun 2022 dengan harapan semua desa dan kelurahan di seluruh daerah provinsi,Kabupaten/Kota dapat terbentuk dan menjadi kampung keluarga Berkualitas,"Terangnya.


Pasang Iklan Disini:


Hj. Iris Irianti menjelas bahwa, di  Perpres no.72 tahun 2021, percepatan penurunan stanting secara Nasional tentu pasti di butuhkan sinergitas dan upaya semua pihak guna mencapai maksimal di angka 14 % di tahun 2024 nantinya.



"Angka Stunting di Indonesia saat ini masih di angka persentase tinggi yaitu  pada angka, 28,8%, untuk itu, Besar harapan kami kehadiran tim verifikasi di Teluk saleh Desa Soro Timur, kecamatan kempo dapat menilai sebagai Desa yang dapat mewakili kabupaten dan provinsi di tingkat Nasional. Karena Desa Soro Timur adalah salah satu Desa yang mendapatkan peringkat tiga besar di tingkat provinsi dan akan melangkah ke tingkat nasional,"harapnya.


Foto Bupati Dompu, Sekda Dompu Kadis DPPKB dan Kadis Dinas Kesehatan Dompu 

Lebih lanjut ia mengharapkan, mudahan-mudahan kampung keluarga berkualitas Desa Soro Timur  dapat mewakili kampung keluarga berkualitas dan dapat meraih peringkat di urutan Pertama tingkat Nasional.


Baca Juga:kepala dinas bkkbn dompu mengucapkan



Di tempat yang sama, Bupati Dompu. H. Kader Jaelani  juga menyampaikan  terima kasih dan memberikan penghargaan yang Setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bersinergi mendukung upaya penegasan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu terhadap pelaksanaan kegiatan verifikasi keluarga Berencana dan Berkualitas ini. 



"Semoga dengan adanya program tersebut dapat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan masa depan seluruh penduduk bangsa dan negara kususnya Masyarakat Kabupaten Dompu. Untuk diketahui bahwa Desa Soro Timur sudah masuk tiga besar tahap verifikasi Pemerintah Provinsi NTB,"terangnya



Bupati Dompu berharap kepada semua pihak agar dapat berkerja sama dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan verifikasi lanjut tingkat Nasional nanti. Kabupaten Dompu dapat meraih juara utama.



"Saya juga berharap kepada seluruh kepala UPTD bidang terkait untuk tingkatkan fokus mendukung program Dinas DPPKB Dompu di tingkat verifikasi Nasional nantinya, tetap menjaga sinergitas dan tetap lakukan kolaborasi di segala sektor sehingga program penurunan stanting dalam Pemerintahan daerah kita betul-betul mendapatkan hasil maksimal dari program pembangunan keluarga Berencana Berkualitas,"tegasnya.


Tambah Bupati Dompu, untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada, kita semua di wajibkan untuk mehadapi bersama, Kita harus yakin dengan semangat dan kerjasama yang baik permasalahan stanting di tingkat reguler maupun di tingkat Nasional tentu pasti dapat kita raih. dari 19 kampung KB yang terlegitimasi di kab Dompu saat ini.


"Dalam hal ini besar harapan kami selaku pemerintah Daerah di mana seluruh Desa yang ada dapat meniru Desa Soro timur kecamatan kempo yang sukses masuk sebagai Desa Nominasi pelaksanaan program tersebut. Keberhasilan program dahsyat ini semata-mata merupakan tanggung jawab pemerintah daerah juga tanggung jawab kita bersama sebagai motorik penggerak dan berharap dimana partisipasi masyarakat disektor masing-masing desa untuk menekan angka percepatan penurunan Stunting dalam daerah maupun Nasional dapat di lakukan,"Tutup Bupati Dompu.


Senada juga yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman MM.,MKes., Dirinya berharap keterlibatan lintas sektor harus benar-benar optimal untuk dapat bersama-sama menurunkan angka Stunting, 



"Komitmen serta keterlibatan sejumlah OPD masing-masing terus berperan sesuai komitmen dan bidang tertentu, tentu pasti akan dengan mudah harapan kita semua dengan terbentuknya kampung keluarga berencana berkualitas secara menyeluruh dan juga penurunan angka Stunting dalam daerah. Sesuai dengan target dapat diwujudkan sesuai harapan bersama demi kemajuan daerah kita dan seluruh penduduk bangsa Indonesia,"Ungkapnya. (Bidik01).