"Diduga Fiktif" Bantuan Ratusan Ekor Ternak Kelompok Doroluba Tak Berwujud

Kategori Berita


.

"Diduga Fiktif" Bantuan Ratusan Ekor Ternak Kelompok Doroluba Tak Berwujud

6 Mei 2023
Foto Kondisi Kandang Kelompok Ternak Doroluba yang Tidak Terawat 

Dompu NTB, Bidikinfonews.com - Masih soal dugaan beberapa pengadaan langsung Disnakkeswan kabupaten Dompu tahun 2021, 2022 dan 2023, dimana pengadaan tersebut diketahui di peruntukan di beberapa kelompok tani ternak yang ada sala satunya yaitu kelompok tani ternak Doroluba diduga  fiktif dan tak berwujud.



Hal itu diketahui setelah media ini melakukan investigasi di lokasi Kelompok tani ternak Doroluba yang  berlokasi di Kelurahan Kandai ll kecamatan Woja Kabupaten Dompu.



Kelompok Doroluba yang diketahui setiap tahunnya tetap mendapatkan beberapa jenis bantuan  ternak, salah satunya  bantuan ternak sapi eksotik dan bantuan ternak lainya, nampak tak terlihat dan tidak diketahui keberadaannya.


Baca juga:sekda dompu berikan warning dan


Hal itu diketahui setelah di lakukan investigasi di lapangan, dimana Ratusan ekor bantuan ternak di salurkan itu, tidak terlihat rupanya,  yang terlihat hanya lah kandang ternak Kumuh tidak terawat oleh kelompok tani itu sendiri, hal itu memperkuat jika keberadaan kelompok tani ternak Doroluba  fiktif  adanya. 

Foto Kondisi Gudang Pakan Ternak Kelompok Tani Doroluba yang diduga Menelan Anggaran yang sangat besar 

Menanggapi dugaan tersebut, Dokter Hewan Angus Muliady Disnakkeswan Kabupaten Dompu, pada media ini saat di konfirmasi melalui Via hp WhatsApp pribadinya Saptu (06/04/23) mengatakan bahwa benar adanya ratusan ternak sapi pengadaan yang di salurkan melalui kelompok tani ternak tersebut.


"Bantuan ratusan ekor ternak yang di salurkan ke kelompok tani ternak Doroluba tersebut benar adanya. dari beberapa data kelompok kami Pengang itu, ada yang namanya kelompok pedati, merpati dan Sejati, kelompok tani sejati yang di maksud ada kelompok yang benar_benar tampak adanya bantuan itu mereka jalan,"terangnya.



Pasang iklan Disini:



Sementara, kelompok tani merpati yaitu, ketika ada bantuan yang disalurkan itu baru ada kelompok tersebut. Sedangkan untuk kelompok tani pedati itu kelompok tani ternak yang di minta atau yang mengajukan permohonan bantuan melalui proposal.


"Nah untuk kelompok tani ternak Doroluba yang ada di kelurahan Kandai ll  itu di ketuai oleh Muhamad safe'i SPT, sementara untuk mengetahui lebih lanjut terkait hal itu, PPL UPTD lah yang di tugaskan,"ungkapnya.



Ditanya terkait jumlah kelompok tani ternak baik itu kelompok tani ternak Sejati, Kedati maupun Merpati yang terdata oleh pihak UPTD Disnakkeswan Dompu.



"Kalo untuk kelompok sejati ada, sementara kelompok merpati dan Kedati ....? Nanti saya tanyakan dulu di pihak PPL nya, soalnya saya lupa itu berapa jumlahnya,"jelasnya.(bidik01).