Pemerintah Daerah Melalui Disnakkeswan Dompu, Berhasil Melepaskan 550 Ternak Lewat Armada Tol Laut

Kategori Berita


.

Pemerintah Daerah Melalui Disnakkeswan Dompu, Berhasil Melepaskan 550 Ternak Lewat Armada Tol Laut

24 Mei 2023
Foto Kepala Dinas Disnakkeswan kabupaten Dompu Bersama Jajarannya Saat Melepas 550 Ternak di Pelabuhan Calabai 


Dompu NTB, Bidikinfonews.com - Pemerintah Kabupaten Dompu NTB melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) tahun 2023 berhasil melepas 550 ekor ternak potong /sapi menggunakan armada Tol Laut yang ada di Calabai Kecamatan Pekat.



Ratusan ternak Sapi tersebut diberangkatkan dari pelabuhan calabai menuju dermaga tol laut tanjung Periuk DKI Jakarta, untuk keperluan Kurban Hari Raya Idul Adha. 


Baca juga :dugaan mobil dinas muat ternak sekda


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Dompu, (Disnakkeswan) Muhammad Abduh SE. Msi, melalui sambutan saat pelepasan ternak di dermaga tol Laut calabai dilakukan, Selasa, 23/05/2023.


Pihaknya menyampaikan bahwa pengiriman ternak lewat tol laut ini, adalah salah satu capaiannya pemerintah kabupaten Dompu menunjang peningkatan ekonomi masyarakat petani ternak yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada.


Foto Suasana Pelabuhan Calabai Saat Pelepasan Ternak 

"Lewat kesempatan ini, saya atas nama Bapak Bupati Dompu mendorong para petani ternak agar tetap berusaha dan beternak, karena nanti di tahun 2024 Pemda Dompu akan mengupayakan peningkatan jumlah kuota pengiriman ternak sebanyak 10.000 ekor, di 3 tahun terakhir ini nantinya,"terangnya. 



Hal ini merupakan implementasi dari program Jarapasaka, dimana sektor Peternakan ini sebagai salah satu program prioritas Jarapasaka untuk mensejahterakan masyarakat yang berlokasi di Calabai Kecamatan Pekat maupun di lokasi lainnya.



"Untuk itu saya Kadis Peternakan mewakili Bupati Dompu menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peternak dan pengusaha yang telah bekerja sama dalam mendukung proses pengiriman ternak tahun ini, selain itu juga saya sangat mengharapkan kepada seluruh petani ternak yang ada agar tetap semangat meningkatkan terus usaha sektor peternakan sebagai penunjang perekonomiannya mereka,"harapnya.



Pasang iklan Disini



Lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Dompu mendapat kuota pengiriman ternak :

1. Tahun 2021 sebanyak 500 ekor.

2. Tahun 2022 sebanyak 1.500 ekor.

3. Tahun 2023 sebanyak 6.000 ekor. 

Pengiriman ternak melalui 2 jalur, melalui jalur darat denga menggunakan Tronton dan jalur tol laut menggunakan kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara.



Diakhir sambutannya kepala dinas peternakan turut memberikan doa semoga perjalanan pengiriman ternak tersebut selamat sampai tujuan dan kembali dengan bahagia dan membawa berkah buat daerah kita kabupaten Dompu..



Ditempat yang sama salah seorang peternak juga pada media ini mengatakan bahwa mereka di dapati gambaran bahwa harga setiap ekor sapi yg dijual di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk kebutuhan qurban biasanya dapat mencapai harga diatas 20 juta per ekor.



"Dalam estimasi jika dengan jumlah kuota sebanyak 6000 ekor dapat terkirim dalam periode idul qurban maka dapat diperkirakan uang yang beredar kembali di kabupaten Dompu dari hasil usaha penggemukan sapi sekitar 120 milyar rupiah,"tutupnya. (*)