Kepala BKPH Diduga Buta & Tuli, Illegal loging Meluas, Hutan Hancur, Publik Tuding Patroli Skenario Pencitraan, Warga Ambil Alih Tangkap Mobil & Kayu Milik Pengusaha

Kategori Berita


.

Kepala BKPH Diduga Buta & Tuli, Illegal loging Meluas, Hutan Hancur, Publik Tuding Patroli Skenario Pencitraan, Warga Ambil Alih Tangkap Mobil & Kayu Milik Pengusaha

26 Sep 2023
Foto Sejumlah Anggota BKPH Kabupaten Dompu NTB Saat Melakukan Aktifitas Patroli yang Diduga Pencitraan Semata

Dompu NTB_Bidikinfonews.com - Masi soal kejahatan illegal loging yang terjadi di kabupaten Dompu, kali ini Satu unit mobil truck bermuatan kayu hasil illegal loging berhasil di hadang dan sita oleh sejumlah warga Desa Sori Sakolo. Satuan jajaran pemerintah yang ada di dinas BKPH setempat, diduga kuat melakukan patroli pencegahan aktivitas illegal loging di beberapa wilayah kawasan hutan. hanyalah skenario jahat disertai pencitraan dan menciptakan sebuah kebohongan publik semata.



Dugaan patroli pencitraan itu terjadi dilakukan oleh oknum BKPH Dompu dapat di buktikan secara rilnya di lapangan, dimana sore tadi bertepatan di Desa Sori Sakolo sejumlah warga setempat diketahui telah berhasil menangkap dan penahanan satu unit mobil truk yang diduga bermuatan kayu hasil illegal loging di wilayah Desa Saneo.



Baca juga:masih soal illegal loging diduga oknum



Kayu dan mobil yang di ketahui milik salah satu oknum pengusaha di wilaya kecamatan mangge lewat tersebut, di tahan karena dinilai adanya ulah oknum para pengusaha semacam itu yang mengakibatkan wilayah kawasan hutan mereka hancur dan mengakibatkan bencana alam itu terjadi dan di alami oleh mereka.



"Ya benar kayu berserta mobil truk milik sala satu pengusaha kami tahan dan sita. Namun kami merasa sedikit aneh dengan ulah pihak dinas BKPH Toposo ini, BB yang kami tahan hingga saat ini belum juga ada yang tunjukan barang hidung nya di lokasi mengambil BB ini, padahal informasi sudah kami sebarkan," terang, JM sala satu warga sekitar saat di temui oleh media ini Senin (26/09/23).



Hal semacam ini yang memicu dugaan publik, pihak BKPH tidak benar-benar berkerja, alias tidak hidup (mati), dalam melaksanakan tugasnya, tak hanya itu, mereka juga diduga bermain dengan para pengusaha yang ada, bukanya menindak tetapi justru diduga melindungi para oknum pengusaha yang ada. Terbukti adanya mobil truk bermuatan kayu yang di sita selama ini tidak terlihat dimana rimbah nya.



Pasang iklan Disini:



"Belum selesai beberapa dugaan kejahatan ilegal loging yang terjadi  dan diketahui menyeret nama oknum kepala BKPH dompu, kini kejahatan lainya kembali terjadi, dugaan itu diketahui di lakukan oleh beberap oknum anggota BKPH itu sendiri. Lalu bagai mana dengan sikap pihak pemerintah Daerah, Provinsi maupun pusat saat ini, apa memang sengaja di biarkan pembicaraan begini atau memang bagai mana, sebab sampai sejauh ini tidak ada yang nampak dan di percaya oleh kami selaku masyarakat di daerah ini,"tegasnya.



Lanjut JM mengatakan, Jangankan menangkap, mereka juga menuding bahwa pihak BKPH selama ini sengaja bermain, dimana sebelum patroli rutin itu dilakukan, pihak oknum BKPH diduga lebih awal menginfokan pada oknum anggota yang ada dan juga yang diduga melakukan penebangan liar di lokasih agar mengosongkan wilayah kawasan hutan mereka garap sekitar, kami semua tau ko,...? Bagaimana liciknya oknum_oknum yang ada di BKPH Dompu saat ini,"ungkapnya.

Foto Petugas BKPH Saat Melakukan Penyitaan Barang Bukti BB Alat Berat yang kini Tidak diketahui Keberadaannya

Oknum anggota BKPH diduga sengaja melakukan kejahatan itu, seperti misalnya, beberapa BB yang berhasil di sita diduga telah di lepaskan oleh pihak mereka. Sejauh ini yang mereka ketahui dan lihat, yang namun nya milik oknum pengusaha diduga yang selalu memberikan cuan tentu pasti dilepaskan oleh pihak oknum BKPH setempat.




"Bukan hanya itu, pihak oknum BKPH juga diduga telah berbohong kepada publik, dimana kegiatan mereka selama ini, seperti patroli rutin dalam keadaan Ginting diketahui oleh publik kedoknya, diduga hanyalah sebuah skenario jahat dan pencitraan semata, guna mengalihkan perhatian publik dan memuluskan kepentingan para pengusaha yang ada, bagai mana tidak, oknum BKPH diduga selalu terima sejumlah uang keamanan lewat rekening pribadi miliknya, seperi yang di beritakan beberapa hari lalu kan,"beber JM.



Baca juga:illegal loging di dompu tumbuh subur



Para oknum penegak hukum terkait diduga sengaja melakukan patroli pencitraan di lokasih wilayah yang bukan kawasan "Jona merah" sesui peta dan pemetaan mereka lalukan, yang dimana terjadinya aktifitas pembabatan liar atau aktifitas illegal loging yang cukup parah.  Hal itu diduga mereka lakukan hanya menangkis isu dugaan kejahatan yang mereka lakukan saat ini. 



Sementara Penangkapan dan disertai penahanan sebuah mobil truck bermuatan kayu tersebut terjadi diketahui setelah di ungkap oleh salah satu warga yang berinisial JF pada media ini sekitar lokasi setempat Senin sore tadi (25/09/23) pihaknya mengatakan, mobil truk yang bermuatan kayu itu ditahan oleh mereka berdasarkan informasi dari warga sekitar yang diterima bahwa ada kayu hasil illegal loging yang di muat mengunakan mobil Truck. 


Foto BB Mobil truck dan Kayu sonokeling hasil illegal loging yang di sita yang tidak diketahui lagi keberadaan 

"Adanya informasi tersebut, bahwa ada satu mobil truk muatan kayu di belakangnya tertutup terpal warna hitam, jika ada mobil yang seperti saya ceritakan di tahan saja, sayapun bersama warga lainya, mendengar hal itu langsung menunggu dan melakukan penghadangan mobil tersebut," terangnya.



Lanjut JF menceritakan, Mobil truck tersebut  berhasil mereka hadangnya, guna memastikan informasi yang ada, pihak mereka kemudian memeriksa mobil dan benar, di dalamnya terlihat ada beberapa kubik kayu hasil illegal loging yang terjadi di beberapa wilayah desa Saneo.



Baca Juga :diduga berikan surat rekomendasi sakti



"Setelah kami tanyakan, sopir nya mengatakan bahwa Kayu yang di muat olehnya, di ambil dari lokasi kawasan hutan yang ada di desa Saneo sekitar,"ungkapnya.



Pihak warga setempat mengatakan, berdasarkan keterangan dari pihak sopir truck itu sendiri, jika kayu yang dia muat itu milik bosnya yang di beli dari dari sala seorang warga yang ada di desa Saneo sekitar. 



Baca juga:terkait illegal loging didompu kepala



"Sopir truck tersebut mengatakan pada kami, jika dirinya hanya di suru oleh bosnya yang ada di kecamatan manggelewa. Lalu mana bosnya sekarang, sopir itu menjawab, di masih di lokasi tempat kayu itu di ambil tadi, kami pun menyuruh menghubungi bosnya, sementara mobil dan kayunya di giring ke Kapolsek kota,"terangnya.



Hingga saat ini, mobil yang berhasil disita oleh warga sekitar belum diketahui keberadaannya. Sementara berita di siarkan pihak pemerintah terkait Kepala Dinas BKPH kabupaten Dompu belum bisa di mintai keterangan terkait dengan adanya penangkapan kayu beserta mobil truck oleh warga sekitar.(*).