Terkait illegal loging Didompu, Kepala BKPH Toposo Diduga Ikut Bermain dan Lindungi Oknum ASN Penimbung Ratusan Kubik Sonokeling

Kategori Berita


.

Terkait illegal loging Didompu, Kepala BKPH Toposo Diduga Ikut Bermain dan Lindungi Oknum ASN Penimbung Ratusan Kubik Sonokeling

18 Sep 2023
Foto Ist/kondisi Penebangan Liar Kayu Sonokeling 


Dompu NTB_Bidikinfonews.com - Dugaan tindakan kejahatan illegal loging yang terjadi di kabupaten Dompu NTB ahir_ahir ini terlihat jelas adanya, dimana proses kejahatan tersebut diketahui pihak pemerintah juga ikut terlibat, mulai dari proses penangkapan BB yang ada, hingga melepas BB yang terjadi selama ini sengaja di skenario oleh pihak pemerintah BKPH bersama oknum_oknum terkait.




Dugaan tersebut diketahui menjadi sebuah isu hangat di perbincangkan oleh publik selama ini, di mana pemerintah yang memiliki tupoksi dalam penindakan pengamanan wilayah hutan dari oknum perusak yang tidak bertanggung jawab, malah justru mendukung serta ikut bermain dalam perihal dugaan kasus yang terjadi saat ini.



Baca juga:kinerja bkph dipertanyakan diduga



Di mana sikap seorang pemimpin yang ada di  dinas BKPH Toposo Kabupaten Dompu saat ini, terlihat tidak transparan, bukan hanya itu pihak BKPH juga seolah memperlihatkan adanya dugaan serta keterlibatannya dalam lingkaran kejahatan illegal loging yang terjadi saat ini, dimana BB hasil tangkapan diduga sengaja di lepaskan dengan alasan yang tidak jelas.



Sebab penindakan yang dilakukan seolah ada permainan itu terlihat dari cara_cara dirinya yang seolah_olah tidak mengetahui adanya proses kejahatan seperti aktifitas illegal loging yang dilakukan oleh jaringan pihak pengusaha yang ada di beberapa wilayah saat ini.



Bagai mana tidak, demi mendapatkan keuntungan dan perkaya diri, pihaknya diduga mendapatkan jatah dari para pengusaha yang pemilik modal yang bermain di dalam lingkaran kejahatan illegal loging yang terjadi saat ini.

Foto Ratusan Kubik Kayu Sonokeling Hasil Illegal loging Milik Oknum ASN Inisial S Yang diduga sengaja di biarkan oleh Pihak BKPH Toposo Dompu 


Menanggapi hal itu, Kepala BKPH Toposo Kabupaten Dompu NTB Nurwana S.Hut. yang ditemui oleh media ini di dinas setempat Senin (18/09/23) mengatakan bahwa dirinya sejauh ini tidak mengetahui adanya penimbunan dan proses penebangan yang terjadi di beberapa wilayah saat ini.



"Saya tidak tau karena saya saat itu berada di luar daerah. Untuk hal itu, Kita hanya memerintahkan untuk melakukan patroli dan cek balak saja, "Jawab Singkat Kepala Dinas BKPH Toposo Kabupaten Dompu Nurwana S.Hut.



Disinggung dalam kepemimpinannya sejauh ini ada berapa banyak data laporan penindakan kasus illegal loging yang dilakukan oleh pihak BKPH sendiri. dan bagai mana proses penindakan yang dilakukan anggota sesui SOP. Selain itu juga, benar atau tidak pihak BKPH Topaso Dompu sengaja menghilangkan barang bukti BB, mobil bermuatan kayu sonokeling milik oknum ASN berinisial S yang di tangkap beberapa bulan lalu oleh anggotanya.



Pasang iklan Disini:



"Saya tidak tau, itu menurut anggota setelah dilakukan pengecekan balak dan lainya tidak ditemukan adanya dugaan tersebut, makanya mobil itu di lepas, selanjutnya tanyakan kepada pihak tim penyidik dinas BKPH Toposo,"terangnya.



Sungguh miris sekali dimana pihak kadis BKPH yang memiliki kewenangan dalam hal itu tidak mengetahui kinerja para petugas (penyidik red) yang diketahui di perintahkan oleh pihaknya sendiri. Hal ini ialah yang memicu dugaan besar masyarakat yang ada, jika di dalam BKPH adalah sarang kejahan illegal loging. Dalam satu tahun terakhir kira kira berapa banyak BB yang disita dan masuk dalam daftar laporan pihak dinas BKPH sendiri 



"Saya tidak hafal data yang ada sebanyak itu, tunggu saja mereka tim penyidik dinas BKPH sebentar, mereka yang tau semua itu, karena mereka yang lakukan pekerjaan itu,,"ungkapnya.



Dapat di simpulkan ketika pemimpin berwatak jahat seperti ini ada di kabupaten Dompu, bagai mungkin pihak dirinya tidak ketahui hasil dari pekerjaan anggotanya yang setiap 3 bulan dilaporkan itu, hal ini dapat di simpulkan bahwa dugaan terjadinya Kehancuran hutan dan tindakan kejahatan illegal loging yang terjadi selama ini karena ulah oknum pemimpin yang seperti ini.



Keberadaan tumpukan ratusan kubik kayu diduga milik oknum ASN berinisial S, diduga di ketahui oleh pihaknya sejak lama, namun pihaknya selaku penguasa di tingkat dinas tidak menindak malah justru di biarkan dan di lepaskan begitu saja Tampa ada upaya apapun.



Hal ini perlu dan penting pihak pemerintah provinsi yaitu Gubernur NTB mengambil tindakan langsung atas dugaan kejahatan yang terjadi di kabupaten Dompu, karena soal illegal loging yang terjadi diduga tersusun secara sistematis oleh oknum baik yang ada di tingkat BKPH, pengusaha serta oknum yang ada.



Sebab jika dugaan tersebut dibiarkan tentu pasti bencana besar dan daerah ini secara berlahan akan hancur. (*).