Tingkatkan Kapasitas Anggota Penyuluh KB & PLKN Dinas DPPKB Dompu, Mengelar Rapat Evaluasi Tahunan

Kategori Berita


.

Tingkatkan Kapasitas Anggota Penyuluh KB & PLKN Dinas DPPKB Dompu, Mengelar Rapat Evaluasi Tahunan

30 Des 2023
Foto Bersama Kepala Dinas DPPKB Berserta Jajaran Anggota Penyuluh KB PLKN Usai Rapat Evaluasi Tahunan di Gelar 

Dompu NTB_Bidikinfonews.com - Tingkatkan kemampuan serta kualitas anggota tim dalam hal pencegahan Stangting Tahun 2024 kedepan, Kepala Dinas DPPKB Kabupaten Dompu NTB Mengelar Rapat evaluasi peningkatan kapasitas juga kemampuan anggota penyuluh KB yang ada.



Kegiatan yang di gelar tepat di aula kantor DPPKB Dompu di pimpin langsung oleh Kepala Dinas DPPKB, Kabid KB, Kabid P4, di ikuti oleh para tim anggota penyuluh KB se_kabupaten Dompu, Juma'at (29/12/23). 



Baca juga:keluarga besar dinas dppkb kabupaten



Kepala Dinas DPPKB Hj. Iris Juwita Kasti Anti SKM.M.Kes pada kegiatan pihaknya menyampaikan, Dimana para anggota penyuluh KB yang ada di setiap Kecamatan harus mengasah kemampuannya dalam melaksanakan tugas pokok di lapangan. 



"Kegiatan ini kami gelar guna meningkatkan kualitas serta kemampuan anggota penyuluh KB nantinya melaksanakan tugasnya di lapangan salah_satunya seperti, melakukan penyuluhan, sosialisasi juga interaksi dalam hal pencegahan stangting nantinya di tahun 2024.



Pada kesempatan itu, Kadis DPPKB Dompu di dampingi Kabid P4 dan kabid LPKB kemudian melakukan evaluasi kembali kinerja anggota dan jajarannya dalam pelaksanaan program kerja pencegahan stangting pada tahun 2023 yang sudah laksanakan.


Simak videonya di bawah ini 👇👇👇



"Pada kesempatan ini, Saya selaku Kepala Dinas DPPKB dompu melakukan rapat Evaluasi kembali guna mengetahui peningkatan serta perkembangan kasusnya program pencegahan Stangting yang selama ini kami lakukan. 



Dimana DPPKB bersama para anggota penyuluh KB yang ada bersama_sama melakukan evaluasi hasil kinerja pencegahan Stangting yang menjadi program 1 tahun dinas DPPKB Dompu, karena lewat kegiatan ini kita bisa mengetahui mana kekurangan serta kelebihan yang harus di perbaiki dan yang lebih ditingkatkan lagi di tahun 2024 nantinya.



Pasang iklan Disini:



Kadis DPPKB menegaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan pekerjaan atau program pencegahan Stangting di tahun 2024 mendatang diharapkan dapat ditingkatkan lagi oleh para anggota tim penyuluh KB yang ada di tingkat desa maupun kecamatan.



"Untuk mewujudkan hal itu, tentu pasti peran serta kerja sama para tim dan anggota DPPKB bersama penyuluh KB penting untuk di asah dan di bina kemampuannya dalam menghadapi serta berinteraksi dengan masyarakat dalam hal pelaksanaan program Pencegahan Stangting  yang dilakukan nantinya di masing-masing wilayah mereka,"terang Kadis.



Ditempat yang sama Kabid P4 Julkarnain S.sos Mph juga mengatakan, untuk mencapai target yang diharapkan itu, pertama yang harus dilakukan yaitu, kerja sama anggota tim, baik para penyuluh KB maupun pihak mereka yang ada di dinas DPPKB itu sendiri.



"Di Tahun 2024 ini nantinya, kami punya target untuk meningkatkan serta mensukseskan program kerja tahunan kami, baik dalam hal pencegahan Stangting, maupun peningkatan kapasitas juga gagasan para penyuluh KB. Karena pihak merekalah yang nantinya bersentuhan langsung dengan para elemen masyarakat di lapangan sekitar. 



Julkarnain S.sos Mph selaku Kabid P4 yang dikenal baik dan cerdas satu ini menuturkan, kegiatan pelatihan, penyuluhan juga peningkatan kompetensi itu sangat penting dilakukan, karena kesukaan mencapai pada titik yang di inginkan tentu mengacu pada tim atau anggota yang ada ditingkat lapangan.



"Kenapa itu penting, karena dengan adanya program peningkatan kompetensi dan kapasitas anggota jadi hal_hal yang belum tercapai di tahun 2023 kemarin akan di perbaiki di tahun 2024 berdasarkan komitmen dari teman_teman yang ada di lapangan, terutama tenaga PLKB dan PKB ada ditingkat Desa, Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten.




Ditingkat Desa dan Kecamatan yang ada di kabupaten Dompu ada yang namanya program kerja program Bangga Kencana dan Kampung Keluarga yang saat ini mereka bentuk dan bangun di tingkat Desa, di mana di dalamnya di isi oleh pihak anggota penyuluh KB itu sendiri.



"Dari hasil evaluasi yang dilakukan selama satu tahun ini, tentu pasti ada peningkatan pencapaiannya yang di raih oleh kami bersama anggota penyuluh KB dan PLKB, semua itu tercapai karena itu tadi, para anggota PLKB dan PKB sering di berikan pelatihan, pembinaan guna kemajuan peningkatan kapasitasnya mereka selaku petugas lapangan.



Program kegiatan penyuluhan dan pelatihan peningkatan kapasitas di lakukan oleh pihak Dinas DPPKB Dompu terhadap anggota penyuluh itu di diketahui rutin setiap tahunnya dilakukan oleh mereka.



"Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas dan kompetensi itu di lakukan memang setiap tahunnya, karena penambahan tenaga baru, seperti yang lulus seleksi P3K kemarin, jadi mereka juga perlu juga penting untuk di berikan pelatihan pembinaan meningkatan kualitas kapasitas mereka itu sendiri dalam menjalankan tugasnya.



Tambah Kabid P4 Dinas DPPKB mengatakan kalau pihak anggota baru itu di haruskan untuk memiliki pengetahuan, keterampilan kecerdasan dalam tugasnya melakukan penyuluhan, sosialisasi juga interaksi dengan beberapa elemen masyarakat di lapangan nanti di tahun 2024.




"Dalam hal ini, saya selaku Kabid P4 mendampingi Kepala Dinas berharap, kepada para anggota penyuluh KB dan LPKB yang ada dapat menjalankan tugas dengan baik dan kompak nantinya melakukan sosialisasi program pencegahan Stangting di tingkat lapangan.




Pada pelaksanaan kegiatan evaluasi peningkatan kompetensi yang di laksanakan tadinya, kira_kira tim KB dan LPKB itu sudah dapat (bisa red) di tugaskan dalam pelaksanaan program pencegahan Stangting atau bagai mana. 


 

"Dalam hal pelatihan penyuluhan tadinya, mengingat mereka ini adalah tenaga ketiga yang baru lulus,  jadi ada sebagian kecil dari hasil evaluasi penyuluhan ke sasaran penyuluhan masyarakat nya, dengan materi-materi yang belum sempat di terapkan tadinya, akan mereka ketahui pada kegiatan yang dilakukan di lapangan,  hal-hal yang kurang terkait dengan peningkatan kompetensi perlu kita perhatikan, yang pasti sudah bisa, sambil jalan saja,"Tutup Kabid P4 Di as DPPKB Dompu. (Arif).