Mengamati “Narasi” Dinamika Media Sosial Menjelang Pilkada Dompu 2024, Pimred Topikbidom Angkat Bicara

Kategori Berita


.

Mengamati “Narasi” Dinamika Media Sosial Menjelang Pilkada Dompu 2024, Pimred Topikbidom Angkat Bicara

14 Apr 2024
Catatan : Assyahrul Mubaraq/Sahrul (Ini hanya sekedar pengamatan dan penilaian. Jika salah saya minta Ma’af)

Dompu_NTB_Bidikinfonews.com - Dinamika narasi di media sosial Facebook menjelang tahapan dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dompu Tahun 2024, semakin hari semakin hangat. Berbagai akun Facebook yang diketahui asli orang Kabupaten Dompu, terus mengembangkan narasinya politiknya yang tentunya diketahui oleh publik adalah orang orang pendukung Bakal Calon Bupati Dompu Tahun 2024 yakni H Kader Jaelani/AKJ (Bupati Dompu) dan Bambang Firdaus SE (BBF) yang juga diketahui mantan Ketua Tim Pemenangan Kab. Dompu AKJ-SYAH dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Dompu. 


Hampir dalam keseharian dalam beranda dunia maya (Facebook) narasi narasi status facebook yang diunggah para pendukung 2 orang Bakal Calon Bupati Dompu Tahun 2024, ini terus mengalir. Mulai dari mempromosikan para bakal calon, bahkan saling menyerang antara satu sama lain melalui kolom komentar di masing-masing status facebook yang mereka unggah. 



Baca juga: nyatakan dukungan 2 periode akj camat



Meski demikian, dinamika pembahasan di dunia maya ini, pun semakin menarik perhatian para akun Facebook lainnya untuk ikut menyimak berbagai macam status, obrolan dan komentar. Namun, berdasarkan hasil pengamatan lebih banyak terlihat di belahan dunia maya itu narasi yang sifatnya saling serang dan bukan sebaliknya mempromosikan apa saja potensi yang dimiliki oleh para bakal calon tersebut. Kondisi ini, pun terus terlihat di belahan dunia maya bernama Facebook (Maaf Jika pengamatan dan penilaian saya salah). 


Tapi menurut saya, mestinya 2 orang bakal calon ini perlu dipromosikan apa saja potensi potensi mereka dalam membangun Bumi Nggahi Rawi Pahu, termasuk mampu memenuhi apa yang menjadi harapan besar masyarakat di masing – masing kecamatan di Kabupaten Dompu. Misalnya seperti ini?


Siapakah H Kader Jaelani?


H Kader Jaelani atau yang biasa dikenal dengan inisial AKJ, adalah sosok Bupati Dompu, saat ini. AKJ juga sebelumnya adalah salah satu orang yang tergabung dalam tim pemenangan mantan Bupati Dompu, H Bambang M Yasin, tempo dulu selama 2 periode. Kepimpinan AKJ sebagai Bupati Dompu, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Melalui kemepimpinan beliau sebagai Bupati, tentunya roda pemerintahan berjalan seperti biasanya, termasuk berbagai program yang dicanankan yang lebih banyak melanjutkan program pada kepemimpinan Bupati Dompu (penilaian maju dan sukses atau jalan ditempat program yang dicanankan itu hak masyakat dompu yang menilainya). 



Berbicara pembangunan, kepemimpinan AKJ sukses membangun berbagai fasilitas di bidang kesehatan (beberapa fasilitas di RSUD dan Dikes) dan pertanian (sarana pendukung aktivitas pertanian entah apalah itu. Selebihnya untuk pembangunan lainnya hanya pemerintah yang tahu). Namun, tak banyak menilai kepemimpinan AKJ, ada banyak janji yang terkesan tidak direalisasikan (cek saja di program Visi Misi waktu AJK menjadi Calon Bupati Dompu). 



AKJ, juga diketahui adalah sosok pengusaha yang tentunya memiliki banyak usaha di bidang penjualan dan jasa. Penjualan yakni memiliki beberapa toko yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat. Selain itu, AKJ juga memiliki beberapa mesin atau alat berat yang tentunya banyak disewa oleh orang orang yang membutuhkan alat berat (hasil dari usaha ini pun tentunya sangat luar biasa hasilnya dan nilainya keuntungan yang didapat sangat besar). 



Pasang iklan Disini:



Bahkan berdasarkan hasil hitungan kekayaan yang dimiliki AKJ sampai saat menjadi Bupati Dompu, saat ini itu sangat melimpah dengan predikat Bupati paling terkaya di NTB. 



Terlepas dari hal itu, kepemimpinan AKJ sebagai Bupati Dompu, tentunya mampu membawa roda pemerintahan berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, bahkan banyak prestasi yang diraih di berbagai bidang sesuai dengan tugas pemerintah (lebih lengkapnya silakan tanyakan kepada pemerintah setempat). 



AKJ, juga diketahui memiliki hoby Pacuan Kuda, maka tidak heran jika AKJ memiliki banyak ternak Kuda pacuan. AKJ, juga memiliki hoby main Billiar, maka tidak heran jika beliau memiliki beberapa meja dan kelengkapan main Billiar (maaf jika saya salah dan jika ada yang mau tanya apa hobi lainnya silakan tanyakan secara langsung). 



Siapakah Bambang Firdaus SE (BBF)?


Bambang Firdaus (BBF) adalah mantan Ketua Tim Pemenangan AKJ-SYAH. Beliau saat ini, menjabat sebagai Ketua DPC Pantai Gerindra Dompu. Beliau juga diketahui memiliki usaha koperasi yang sudah lama beroperasi di Dompu dan Bima yang tentunya sudah banyak membantu masyarakat atau pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memberikan pinjaman modal (kalau mengenai usaha lainnya bisa ditanyakan secara langsung dan maaf jika saya salah). 


Niatan BBF maju sebagai Bakal Calon Bupati Dompu Tahun 2024, mungkin menilai dan mengamati bahwa kondisi daerah dan masyarakat, belum begitu maju. Bahkan, mungkin beliau menilai apa yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat belum mampu direalisasikan oleh pemerintah daerah saat ini.



Mungkin karena melihat kondisi itu, BBF bertekad dan berkomintmen untuk maju dengan penuh semangat dan keyakinan untuk memberikan warna baru atau kemajuan nyata di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Mungkin, juga BBF memiliki segudang dan sejuta visi misi yang nantinya akan direalisasikan ketika diberikan amanah atau lolos menjadi Bupati Dompu (apa saja itu, silakan tanyakan langsung dan maf jika saya salah). 



BBF juga diketahui memiliki hobi trabas, maka tidak heran jika beliau memiliki banyak kendaraan motor trail dan lainnya (maaf jika saya salah). 



Berdasarkan uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa 2 orang bakal calon Bupati Dompu Tahun 2024 (AKJ dan BBF), masing- masing memiliki kelebihan dan kekurangan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Artinya, pesan tersirat dari uraian diatas, marilah kita bernarasi di media sosial Bernama Facebook dengan cara masing-masing mempromosikan kelebihan para bakal calon, agar publik termasuk masyarakat bisa mengetahui dan bisa menentukan pilihannya siapa yang layak untuk menjadi Bupati Dompu pada Pilkada 2024, nanti. 


NB: sekali lagi saya sampaikan permohonan maaf, jika uraian diatas salah atau menyinggung perasaan orang. Ini semata mata hanya sekedar ungkapan pengamatan dan penilaian karena sesungguhnya saya juga masih sama sama belajar dan mencoba memberanikan diri untuk membuat uraian diatas. Sekali lagi, saya manta maaf. Wassallam…(*).