Pagelaran Event Dompu Expo 2024 Resmi Dibuka di Ikuti Puluhan Ribu Peserta Karnaval Muna Pa'a

Kategori Berita


.

Pagelaran Event Dompu Expo 2024 Resmi Dibuka di Ikuti Puluhan Ribu Peserta Karnaval Muna Pa'a

24 Jun 2024
Foto Bupati Dompu H. Kader Jaelani Saat Memberikan Sambutan Pada Kegiatan Pergelaran Dompu Exspo 



Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Pembukaan Pegalaran Dompu Expo yang digelar oleh pemerintah daerah kabupaten Dompu tahun 2024 disemarakan dengan Karnaval Muna Pa'a yang di ikuti oleh puluhan ribu peserta.


Karnaval ini di mulai tepat di lokasi Lapangan Beringin Dompu sebagai titik kumpul dan garis star kemudian dilepas menuju Lapangan Karijawa Dompu sebagai lokasi Dompu Expo berlangsung dengan sangat meriah.



Baca Juga :kepala bappeda dan litbang drs h



Karnaval ini, pun menandakan dimulainya Dompu Expo 2024 yang merupakan wadah untuk mensosialisasikan kemampuan dan perkembangan program unggulan Pemda Dompu ,yakni Jagung, Porang, Sapi, Padi dan Ikan (Jara Pasaka) dengan  tema Menjadi Daerah yang Pro Investasi dengan Agribisnis dan Ekonomi Kreatif Menuju Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR). 



Ketua Panitia penyelenggara Dompu Expo 2024, Ir. Abdul Muis (Kadis Disbudpar Dompu) mengatakan, Karnaval Muna PA'a merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dompu Expo 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 29 Juni 2024. 

Foto Bupati Dompu, Ketua DPRD Dompu, Ketua PKK Dompu Bersama Jajaran OPD dan SKPD lingkup Pemda Dompu Saat Menuju Posat Lokasi Kegiatan Dompu Exspo


Kegiatan ini, diikuti puluhan ribu peserta dari jajaran pemerintah, pendidikan, BUMN, BUMD, UMKM dan Masyarakat Dompu serta lainnya. "Para peserta mengenakan pakaian adat dengan balutan Muna PA'a," ujarnya. 




Muna PA'a ini, pun selain menandakan dimulainya kegiatan Dompu Expo, juga untuk mempromosikan pakaian adat Muna PA'a yang sudah tercatat pada warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia Tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. "Inilah alasan kenapa dalam Karnaval mengenakan Muna PA'a," jelasnya. 



Pagelaran Karnaval Muna Pa'a di buka secara langsung oleh Bupati Dompu di dampingi oleh  jajaran OPD dan SKPD terkait kemudian di ikuti oleh puluhan ribu peserta Karnaval Muna Pa'a se_Kabupaten Dompu Senin (24/06/24). 


Sima Videonya di bawah ini 👇 👇 👇 


Pantauan media Bidikinfonews.com, Suasana karnaval muna Pa'a sangat meriah, indah terlihat dengan iringan aneka warna warni para peserta dengan pakaian berbahan dasar Muna Pa'a. 



Pasang iklan Disini:



Muna Pa'a menjadi Icon di Even Dompu Expo yang meneguhkannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sebagaimana telah diakui oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kebudayaan dan Ristek Republik Indonesia, diketahui mampu menarik daya minat para turis asing yang ada di beberapa negara. 



Hal itu terlihat, dimana ada beberapa turus asing yang juga ikut serta menghadiri dan menikmati hidangan serta suasana kemeriahan acara Dompu Exspo yang di gelar oleh pemerintah daerah setempat.

Bupati Dompu H Kader Bersama Jajaran OPD dan SKPD lingkup Pemda Kabupaten Saat Menyanyikan Lagu Indonesiaraya. 


Beberapa menit dilepas para peserta Karnaval Muna Pa'a sampai di titik lokasi kegiatan tersebut, Bupati Dompu dengan para peserta Karnaval kemudian melakukan tari Bota Tembe Nggoli, merupakan Tarian tradisional besama puluhan ribu peserta sebagai tanda di mulainya kegiatan Dompu exspo tersebut.



Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses sesui harapan bersama. Usai mengikuti tarian tradisional tersebut, Bupati Dompu didampingi oleh  jajaran SKPD yang ada kemudian memasuki mengecek juga mencicipi aneka makanan yang disediakan oleh pihak terkait di seluruh STAN yang ada. (*).