Pemda Dompu Gelar Saresehan Agribisnis Dalam Rangka Pelaksanaan Dompu Expo Tahun 2024

Kategori Berita


.

Pemda Dompu Gelar Saresehan Agribisnis Dalam Rangka Pelaksanaan Dompu Expo Tahun 2024

25 Jun 2024
Foto Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Saat Menyampaikan Sambutan Pada Kegiatan Saresehan Dompu Exspo 


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Dorong maju revitalisasi dan peningkatan kualitas serta hilirisasi komoditi perkebunan kopi rakyat ( robusta tambora ).


Pemerintah Daerah mengelar kegiatan rasarehan Dompu Exspo, guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik ditingkat Pertanian, Peternakan maupun Perikanan. 



Baca juga :karnaval muna paa membludak bupati



Hal itu dilakukan guna Peningkatan kualitas produksi dan hilirisasi komoditi pertanian, peternakan, dan perikanan dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup.


Kegiatan yang di gelar tepat di Ruang Rapat Pendopo Kantor Bupati Dompu di hadiri oleh Kepala Bappeda dan Litbang Dompu, Plt. Kepala Distanbun Dompu beberapa pemateri dan tim ahli dari Cs Farmasi Unram Mataram NTB kemudian di ikuti oleh Sejumlah Lembaga LSM, Aktivis, lingkungan dan  pelaku usaha UKM.



Dalam sambutan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu H. Gaziamansyuri mengatakan bahwa kegiatan saresehan revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini guna peningkatan kualitas serta hilirisasi komoditi perkebunan kopi rakyat ( robusta tambora ).



"Hal ini pemerintah akan memprogramkan melalui OPD terkait guna peningkatan kualitas produksi dan hilirisasi komoditi pertanian, peternakan, dan perikanan dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup.



Semua itu dilakukan oleh pemerintah bersama OPD terkait guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Dompu yang maju mandiri dan religius.



"Dengan ini juga Pemerintah Daerah melalui beberapa dinas terkait akan direkomendasikan dan mendorong agar peningkatan Kualitas Produksi dan Hilirisasi Komoditi, dapat di jadikan program kerja tahunan 2024_ 2025 Guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat maupun lingkungan hidup masyarakat itu sendiri,"Terangnya.


Lanjut H Gaziamansyuri menjelaskan, hal ini juga adalah bagian dari program kegiatan Dompu Exspo yang tentunya di laksanakan sesui harapan bersama.



Pasang iklan Disini:



"Kita semua tentu harus dapat meningkatkan juga menciptakan sumber daya manusia yang dapat melahirkan sebuah capaian Hilirisasi komoditi perkebunan kopi rakyat ( robusta tambora ) yang di maksud, pastinya melalui saresehan dan pelatihan semacam ini tentunya." Harapnya.



Lebih lanjut H. Gaziamansyuri. Pada tahapan ini ia menjelaskan bahwa ada dua pon penting yang menjadi target OPD terkait, pertama peningkatan produksi pangan menuju ekonomi kerakyatan yang maju dan berkembang. Kemudian poin yang kedua yaitu, dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas.



"Ketika dua poin penting itu terlaksana pastinya pembangunan lingkungan sosial dan peningkatan ekonomi kerakyatan baik itu jangka panjang maupun jangka menengah. Jika hal itu terlaksana dapat di pasti revitalisasi dan peningkatan kualitas serta hilirisasi komoditi perkebunan kopi rakyat ( robusta tambora ) juga akan meningkat.




Kenapa itu penting dilakukan sarasehan atau pelatihan dilakukan oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan setempat guna mewujudkan kemajuan serta pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha UKM yang ada di daerah,"ungkapnya.





Ditempat yang sama, tim ahli dari Cs Farmasi Unram Mataram NTB juga menyampaikan jika langkah yang di canangkan oleh pemerintah daerah melalui OPD terkait meningkatkan kualitas produksi dan hilirasi komoditi pertanian, peternakan dan perikanan sangat positif, karena di tingkat sektor tersebut mampu menciptakan kemajuan taraf ekonomi masyarakat yang ada saat ini.



"Hal ini tentunya penting sekali peran aktif dinas terkait dan pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia (SDM) nya terlebih dahulu melalui pelatihan dan semacamnya,"terangnya.




Lanjut tim ahli berpendapat bahwa perlu dilakukan upaya-upaya dalam rangka peningkatan kualitas komoditi pertanian,peternakan,perikanan dibutuhkan kerja sama serta peran aktif pemerintah terkait dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap para pelaku usaha UKM, petani, nelayan dan lainya.




Selain tim ahli juga terdapat narasumber lokal yaitu pelaku usaha kopi robusta tambora Dr. MUHDAR yang biasa disapa (ori coffee). Ori muhdar menyampaikan beberapa peluang dan tantangan kopi tambora. 



"Poin penting dalam pengembangan usaha UKM ditingkat sektor yang ada, menurut saya, selain modal dan pengetahuan, kepandaian membaca peluang dalam pengembangan usaha pun dibutukan, sehingga pada tahapan ini juga bagi para pelaku usaha UKM yang ada dapat mengetahuinya.




Pada akhir acara sarasehan disepakati rumusan Rencana Tindak lanjut dari pelaksanaan sarasehan yang meliputi Pemerintah Daerah  memprogramkan melalui OPD terkait Peningkatan kualitas produksi dan hilirasi komoditi pertanian, peternakan, dan perikanan dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup.(*).