Proyek Siluman Pengecoran Beton Gang Pemukiman di Matua Diduga Langgar Regulasi

Kategori Berita


.

Proyek Siluman Pengecoran Beton Gang Pemukiman di Matua Diduga Langgar Regulasi

11 Jul 2024
Foto Kondisi Lokasi Proyek Pengecoran Beton Gang Jalan di Dusun Utara Pemukiman Desa Matua Dompu NTB Tampa Papan Informasi yang Sedang Dilaksanakan 


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Adanya Proyek pengecoran Beton badan Jalan atau Gang tampa papan informasi yang dikerjakan oleh salah satu pihak kontraktor di lokasi Dusun Perumahan Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB memicu reaksi masyarakat sekitar menduga, jika keberadaan proyek tersebut ibarat siluman, muncul non identitas.



Dugaan proyek pengecoran beton Jalan bersumber dari mana memicu perhatian publik yang ada ingin mengetahui nya, namun terhembus isu bahwa proyek yang diduga siluman tersebut adalah proyek penunjukan langsung dari pemerintah melalui dana aspirasi  atau pokok pikiran rakyat (pokir) salah satu anggota DPRD kabupaten Dompu NTB.



Hal itu diketahui setelah beberapa orang warga masyarakat yang berinisial F, A, F dan AR yang ada di Dusun setempat mengungkapkan melalui media ini, Rabu (10/07/24), pihak mereka mengatakan bahwa proyek yang dikerjakan dilokasi saat ini, tidak terlihat papan informasi untuk diketahui berapa besar anggaran dan bersumber dari mana proyek yang di kerjakan saat ini mereka pasang.



Baca juga:keberadaan poyek restorasi mangrove



"Proyek yang sedang di lakukan oleh pihak kontraktor atau pelaksana saat ini terkesan tidak transparan dan diduga membodohi masyarakat sekitar, hal itu terjadi, karena besar dan proyek tersebut bersumber dari mana tidak di ketahui oleh kami,"Ungkap A. didampingi oleh beberapa warga setempat.



Menurut mereka sebelumnya meminta pekerjaannya itu dengan sistim borong senilai 8 kapan juta rupiah, Dengan tebal 15 Sentimeter, dan lebar 3 tiga meter lebih, Namun oleh pihak pengawas yang di tugaskan oleh pihak Kontraktor dilokasi menjawab mereka dengan mengatakan tidak bisa...?.


"Pihak pengawas proyek mengatakan akan menyepakati tawaran dengan sistim borong senilai 8 juta rupiah itu, namun kami di minta agar mengerjakan proyek itu dengan lebarnya jalan yang di cor 4 meter lebih, soalnya lebar sebelum nya 3 meter yang di ceritakan itu, kini pada RAB proyek katanya telah berubah menjadi 4 empat meter lebih. Pertanyaan kami bisa tidak berubah seperti itu RAB nya,"Tanya A.

Foto Kondisi Terkini Proyek Pengecoran Beton Gang Jalan di Dusun Buncu Utara Desa Matua 


Mendengan jawaban pihak terkait, mereka bersama beberapa warga pemudah setempat, tidak jadi berkerja dengan sistem borongan, tetapi berkerja dengan sistem gaji harian saja.



Di tanya oleh media ini, kira_kira panjang proyek yang sedang dikerjakan itu sudah berjalan berapa hari, selain itu, kalian atau tidak berapa jumlah anggaran juga proyek tersebut bersumber dari mana.



Pasang iklan Disini:



"Menurut pihak terkait, proyek pengecoran beton yang di kerjakan itu panjang nya kurang lebih sekitar 200 meter, lebar sekitar 4 meter lebih dan tebalnya sekitar 15 Sentimeter. Sedangkan jumlah keseluruhan anggaran proyek ini menurut pengakuan pihak terkait hanya 75 juta rupiah saja.



"Disini lah yang memicu pertanyaan besar kami, Kami bandingkan proyek serupa yang dikerjakan dengan mengunakan angaran Dana desa panjang sekitar seratus lebih meter panjang nya menghabiskan anggaran 50 juta rupiah dibandingkan dengan panjang dan banyaknya anggaran proyek ini,".



Pantauan langsung media ini di lapangan, beberapa warga selaku pekerja (buruh red) pada proyek setempat juga mengeluhkan, jika dalam proses pekerjaan proyek tersebut, mereka diduga sering mendapatkan penekanan, ancaman juga nada desakan yang seakan akan proyek yang di lakukan sudah melewati batas waktu yang di tentukan.



"Pada pelaksanaan pekerjaan itu juga, pihak pelaksana proyek sebelumnya mengatakan, nanti seusai bahan sertu dan atau kerikil itu di masukan akan mereka sirami sambil meratakannya, setelah itu baru di lakukan pengecoran beton. Tetapi sebaliknya penyiraman dan diratakan seperti yang mereka katakan tadinya itu tidak dilakukan sampai sekarang oleh mereka. Sedangan proyek yang terlaksana saat ini suda mencapai lebih kurang 50 persen terlaksana,"ungkapnya. 



Sampai berita ini disiarkan, pihak Pelaksana atau Kontraktor proyek pengecoran Beton Gang Jalan yang ada di wilayah Dusun Buncu Utara (Pemukiman) Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB belum bisa di temui untuk di mintai keterangan terkait perihal dugaan proyek siluman tersebut, Namun pihak media ini akan terus berupaya menemui pihak terkait guna mendapatkan keterangan perimbangan pemberitaan. (!).