Menjelang Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Hadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Dompu

Kategori Berita


.

Menjelang Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Hadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Dompu

11 Agu 2024
Ketua dan Sekretaris Bawaslu Saat Menghadiri Rapat Pleno Terbuka di KPUD Kabupaten Dompu NTB 


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Bawaslu Kabupaten Dompu  menghadiri  Rapat Pleno Terbuka yang digelar oleh KPU Kabupaten Dompu untuk membahas rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) bagi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu Tahun 2024. Rapat yang diadakan pada Sabtu, (10/8/ 2024), di Ruang Rapat KPU Kabupaten Dompu.


Rapat pleno ini dihadiri oleh berbagai pihak yang berperan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, termasuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari setiap kecamatan di Kabupaten Dompu.



Baca juga:ketua kpu kabupaten dompu mengucapkan



Masing-masing PPK bertanggung jawab untuk menyampaikan jumlah pemilih yang telah terdaftar di wilayah mereka, yang kemudian direkapitulasi dan dibahas dalam rapat tersebut.


Setelah laporan dari PPK disampaikan, Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari, memberikan tanggapan serius terhadap hasil rekapitulasi yang dipaparkan.


Dalam pernyataannya, Swastari mengungkapkan bahwa Bawaslu Kabupaten Dompu telah melakukan pencermatan yang mendalam terhadap data pemilih yang disajikan oleh KPU. Dari pencermatan ini, ditemukan sejumlah masalah yang berpotensi mempengaruhi validitas daftar pemilih yang akan digunakan dalam pemilihan mendatang.


“Dari hasil pencermatan tersebut, ditemukan bahwa terdapat 30 pemilih yang terdaftar di Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang tidak dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), namun langsung dimasukkan ke dalam daftar pemilih memenuhi syarat (MS),” ungkap Swastari.


Menurutnya, ini adalah situasi yang sangat mengkhawatirkan dan memerlukan perhatian khusus dari KPU Kabupaten Dompu. Validitas data pemilih adalah salah satu kunci utama dalam memastikan pemilihan berjalan secara jujur, adil, dan demokratis.



Pasang iklan Disini:



Oleh karena itu, Swastari menekankan pentingnya pencermatan ulang dan perlakuan khusus terhadap data pemilih yang bermasalah.


“Berdasarkan hasil pencermatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Dompu, masih ada pemilih-pemilih yang membutuhkan pencermatan, penelitian, dan perlakuan khusus agar data pemilih yang dihasilkan benar-benar valid,” tegasnya.


Swastari juga menyoroti adanya 117 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih di Desa Soro, namun ternyata berdomisili di Desa Soro Barat Kecamatan Kempo tidak di tempel stiker karena domisi beda dengan identitas. Menurutnya, kekeliruan semacam ini dapat berdampak serius pada validitas data pemilih.


“Hal seperti ini menjadi perhatian dari Dukcapil terkait masalah identitas penduduk untuk desa pemakaran,” tegasnya.


Ia juga menambahkan bahwa terdapat 12 pemilih yang memenuhi syarat di Kecamatan Pekat, namun hingga saat ini belum dicoklit oleh petugas yang bertanggung jawab.


Selain itu, Wahyudin, Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, juga menyampaikan beberapa catatan penting terkait permasalahan yang muncul dalam proses pencoklitan. Salah satunya adalah adanya pemilih di bawah umur yang sudah menikah namun belum dicoklit oleh petugas, yang mencerminkan ketidakakuratan dalam proses pendataan.


“Ini menunjukkan masih adanya ketidakakuratan dalam pendataan yang dilakukan,” ujar Wahyudin menegaskan pentingnya ketelitian dalam setiap tahap pendataan pemilih.


Tidak hanya itu, Wahyudin juga menemukan kasus pemilih ganda yang terdaftar di dua desa berbeda, yaitu Desa Rasabou dan Desa Daha, keduanya berada di Kecamatan Hu’u.


“Pemilih ini memiliki alamat di kedua desa tersebut, yang tentunya bisa memunculkan potensi masalah dalam pelaksanaan pemilihan,” jelas Wahyudin.


Catatan-catatan kritis yang disampaikan oleh Bawaslu Kabupaten Dompu diharapkan dapat menjadi perhatian serius bagi KPU Kabupaten Dompu untuk segera melakukan perbaikan dalam proses pemutakhiran data pemilih.


“Wahyudin menekankan bahwa validasi data pemilih harus dilakukan dengan sebaik-baiknya sebagai bagian dari upaya menjamin pelaksanaan pemilihan yang jujur, adil, dan demokratis,” tekannya.


Dengan adanya temuan-temuan ini, Bawaslu Kabupaten Dompu berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan ketat terhadap setiap tahapan pemilu guna memastikan bahwa hak-hak pemilih terlindungi dan terakomodasi dengan baik dalam proses demokrasi yang berlangsung di Kabupaten Dompu.


Untuk diketahui, pada rapat pleno DPS ini KPU Kabupaten Dompu menetapkan hasil pleno dicatat jumlah pemilih Kabupaten Dompu untuk Pemilihan 2024 sebanyak 190.800 pemilih, Laki-laki : 94.356 dan Perempuan : 96.444, Dengan rincian Kecamatan Dompu : 41.615, Kecamatan Kempo : 15.399, Kecamatan Hu’u : 15.325, Kecamatan Kilo : 10.905, Kecamatan Woja : 44.185, Kecamatan Manggelewa : 25.216, Kecamatan Pekat : 26.702 dan Kecamatan Pajo : 11.453. (*).