Momentum HUT RI dan Hari Jadi Desa Matua Ke 54 Tahun 2024, Pemdes Gelar Lomba Keindahan, Kebersihan dan Keamanan Tingkat Dusun

Kategori Berita


.

Momentum HUT RI dan Hari Jadi Desa Matua Ke 54 Tahun 2024, Pemdes Gelar Lomba Keindahan, Kebersihan dan Keamanan Tingkat Dusun

17 Agu 2024
Foto Warga Dusun Perumahan Baru dengan Saat Menyiapkan diri hadapi Lomba Dusun


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Dalam rangka memperingati Dirgahayu HUT RI yang ke 79, Pemerintah Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu kembali menggelar lomba keindahan, kebersihan dan keamanan lingkungan tingkat Dusun. 


Lomba yang digelar tersebut merupakan kali kedua setelah dilakukan pada Agustus 2023 lalu dan hal itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah Desa Matua untuk memperkuat kembali budaya gotong royong dan kemandirian warga dalam membangun desa.



Baca juga:


Kepala Desa (Kades) Syam Firdaus, S.T saat ditemui di ruang kerjanya pada saptu (17/8/2024) pagi mengatakan, Lomba yang digelar itu bagian dari upaya edukasi Pemdes untuk mengajak warga agar menerapkan gaya hidup bersih, sehat, indah dan damai.


"Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan warga secara mandiri dalam menciptakan lingkungan yang indah, bersih dan aman, lebih-lebih peduli akan kesehatan lingkungan," Kades Matua. 

Foto Salah satu Anggota BPD Desa Matua di Dampingi Ketua RT Bersama Sejumlah Warga Saat Mempercantik Bemper Dusunnya Setempat 

"Berangkat dari itu semua, kami memanfaatkan momen agustusan ini untuk menjadikan momen yang tepat dalam mengajak warga agar mencinta lingkungan dan ini kegiatan yang kedua kali kami adakan," lanjut Kades Matua. 


Pada perlombaan ini, lanjut Kades Matua, akan dibuatkan lebih meriah lagi dari tahun sebelumnya, dan warga yang ada di Tujuh Dusun terlihat sangat antusias dan semangat untuk meraih juara. 

Kondisi Dusun Perumahan RT 01 Saat ini 

"Persaingan warga di tiap-tiap dusun terlihat sangat ketat jika dibandingkan dengan tahun pertama kemarin, sekarang warga lebih optimis untuk merebut juara," seruan Kades. 


Lebih jauh, Kades Matua menerangkan, pada tahun 2024 ini, bukan hanya lomba keindahan, kebersihan dan keamanan lingkungan saja yang diadakan oleh Pemdes Matua, tapi pawai budaya bersama warganya juga bakal diadakan. 



Pasang iklan Disini:



"Insya allah, pada tanggal 24 Agustus siang, kami akan melakukan pawai budaya antar dusun, titik kumpulnya di Masjid Suhada Buncu menuju Dusun Selaparang Barat sebagai tuan rumah," isyarat Kades Matua. 


"Malamnya pengumuman juara lomba tingkat dusun dirangkaikan dengan acara malam penganugrahan kepala dusun terbaik, serta pembacaan riwayat desa dan kepala desa matua periode ke periode," sambung Kades di akhir penyampaiannya. 



Simak videonya Ucapan Selamat Hari Jadi Desa Matua Oleh Kepala Desa di bawah ini👇👇👇

Untuk diketahui, pemenang lomba keindahan, kebersihan dan keamanan pada 2023 lalu, yakni Juara 1 diraih oleh Dusun Rasanggaro Barat, disusul oleh Juara 2 diraih oleh Dusun Rasanggaro Timur dan Juara 3 diraih oleh Dusun Selaparang Barat.


Sementara, juri yang menilai lomba keindahan, kebersihan dan keamanan terdiri dari Ketua Karang Taruna, Ketua BPD, perwakilan dari toko masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat.(*).