Biarkan Rakyat Nikmati Pesta Demokrasi, Mari Ciptakan Pemilu Tahun ini Dengan Damai

Kategori Berita


.

Biarkan Rakyat Nikmati Pesta Demokrasi, Mari Ciptakan Pemilu Tahun ini Dengan Damai

24 Sep 2024
Indra Dwi bintang
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

Dompu_NTB_Bidikinfonews.com - Hari ini seluruh Indonesia sedang menghadapi Pesta demokrasi yang akan di rayakan dengan damai dan aman oleh setiap daerah yang ada. 



Dimana hal itu adalah momen bagi setiap masyarakat baik di tingkat pusat provinsi maupun daerah bisa berbuat dan bersaing memajukan daerah yang di maksud. 



Baca Juga :kpu dompu gelar rakor dengan seluruh



Dengan daya saing yang semakin baik daerah bisa berbuat banyak dalam menghadapi berbagai tantangan terutama di era digital saat ini. 



"Pentingnya kesadaran masyarakat memahami politik melalui bidang pendidikan yang ada, ketika hal itu  terwujud dilaksanakan sangat positif membantu daerah dalam meningkatkan daya saingnya",




Tidak hanya pemerintah, pelaku UMKM, Guru dan mahasiswa juga bisa meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan informasi dan teknologi yang tumbuh maju saat ini. 


"Sesuai tugas dan fungsinya para peserta pendiklat bisa meningkatkan daya saingnya atau memainkan perannya dengan mengikuti Pendiklat ini"



Beraga Interaktif dan merajuk Tema "Menyabut Pesta Rakyat 2024, Bersama Pemuda Wujudkan Pemilu Tanpa Kecurangan, Aman, dan Damai".



Bukan justru sebaliknya, saling menyebarkan kebencian, issue Hoaxx dan politik adu domba yang dapat memecah belah persatuan yang ada.



Tahun ini politik merupakan tahun harus yang sambut bersama mengingat momentum 2024 ini adalah momentum yang sangat menentukan kepada kepemimpinan Presiden, DPR, Kepala Daerah, kota dan kabupaten, maka sebagai perang masyarakat, pemuda dan mahasiswa sangat mendukung pemilu 2024, pemilu damai.



Pasang iklan di sini:



"Kedepan kita melahirkan sosok pemimpin yang bertanggung jawab seluruh problem kebangsaan-kebangsaan ini,"


Dikalangan muda termasuk kita ini tidak boleh melupakan historis perjalanan peristiwa dan masa lalu negara bahwa di tangan pemudalah Bangsa dan negara berdiri kokoh, berjalan sesuai dengan relnya undang-undang revolusi 1945 dan sampai hari ini kita masih mengingatnya melalui peran kita lewat diskusi dan menginginkan satu peruhaban di masa depan.


"Biarkan rakyat sendiri memilih sesuai dengan keinginannya masing-masing tanpa terintervensi dari pihak manapun, biarkan yang menikmati pesta ini sebagaimana pesta itu sesungguhnya,"



Kita harus mengecam segala persoalan kecurangan terjadi di pemilu 2024 ini, yang kita inginkan adalah pemilu damai, aman, pemilu yang melahirkan pemimpin-pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke jalan yang baik, sesuai dengan amanah undang-undang dan cita-cita Bapak Proklamasi kita yaitu Sukarno,"


Lanjutnya, Pemilu 2024 merupakan titik tombak dari pada memilih calon pemimpin, baik ditingkat nasional maupun di daerah, maka untuk menyeleksi calon-calon pemimpin kita di masa depan.


"Calon-calon pemimpin Tahun 2024 adalah pemimpin-pemimpin yang lahir dari seleksi demokrasi yang akurat, tidak tumpang tindih terhadap kepentingan-kepentingan lainya," pungkasnya.



Kita ketahui bersama, memang Indonesia setiap masuknya musim politik semacam ini, para kandidat calon ibarat seperti kapal tua, dengan penumpang berbagai rupa, ada yang dari Kontraktor, bandar hingga pengumpul upeti bersatu dalam kapal tua berdiri dengan tegak dan bersuara lantang, Namun terhenti di tahun pertama usai menunaikan sumpah atas nama tuhan.



Perihal yang terjadi setiap tahun politik itu menjadi sebuah tolak ukur bagi kita sebagai pemuda milenial untuk merubah nya melalui gerakan perubahan menyuarakannya. Baik itu melalui media sosial budaya dan lainya, kenapa demikian karena yang punya perang penting dalam menjaga yaitu kita selaku pemuda.




Sebab jika itu tidak dilakukan oleh para pemuda yakin saja bahwa keadilan tampa pedulikan nasip kaum kecil yang berteriak minta solusi untuk keutuhan negara menjadi seperti apa nantinya.




Selain itu juga kita harus menjaga dan menjauhkan diri dari yang namanya politik praktis dan politik pecah belah oleh pihak yang menghalalkan segalah cara demi mencapai tujuan yang diinginkan. ya...?? kita tau jika sebuah negara di huni oleh seorang pemimpin yang lahi dari cara tidak benar' yakinkan saja, 



Nuansa kebijakan dalam kepemimpinan nya mirip para kapitalisme dan feodalisme gaya baru itu semua dapat ditelusuri juga dibuktikan lewat historis politik di beberapa wilayah di indonesia, itu lah kenapa pentingnya kita sebagai pemuda milenial harus memilih pemimpin dengan cara cerdas 




Berikan hak suaramu pada pemimpin yang benar benar memiliki skil dan kecerdasan jujur dan adil dalam memimpin, bukan justru sebaliknya kita menjual (memberikan red) hak suara pada pemilik modal yang ingin memperluas kekuasaan melalui sistim, 




Pemimpin terbentuk lewat modal namun tidak memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam memimpin sangat mudah menciptakan sebuah kehancuran. 



Lewat hal itu sesuai moto daerah kita sebagai pemuda masyarakat harus menjunjung tinggi satu kata satu perbuatan dalam menghadapi dinamika politik yang demokratis demi kemajuan dan perubahan daerah dan negara kita.



Dinamika pembahasan mengenai politik sangat luar biasa di media sosial. Bahkan beberapa orang pendukung memanfaatkan media sosial untuk saling serang dan lainnya. 




"Inilah salah satu alasan kenapa kita penting mengahadapi politik seperti pilkada saat ini guna mengajak seluruh masyarakat dan lainnya menciptakan keharmonisan mewujudkan Pilkada damai," 




Sebagai pemuda penerus bangsa harus  saling menjaga dan mengajak seluruh pihak untuk menciptakan Pilkada dengan penuh cinta, sehingga melahirkan pemimpin - pemimpin yang mampu mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat. 



Hal itu baru tercapai tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Mari kita bersama sukses Pilkada dan mari bersama kita taburi Pemilu dengan Cinta,



Pilkada damai adalah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Mulai dari tataran individu, pemerintah dan masyarakat maupun kita selaku pemuda.




Jika Pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai menjadi harapan kita semua dan untuk mencapai harapan itu tentunya kerjasama dan kebersamaan dari seluruh elemen daerah sangat diharapkan," ujarnya. 




tahapan tahapan dalam pelaksanaan Pemilu tentunya telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan sejauh ini semua tahapan dilaksanakan berlangsung secara tertib. Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran salam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu, juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, seberapa jauh nilai nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jari diri bangsa Indonesia. 



Maka itu, diperlukan perang aktif seluruh elemen bangsa dan masyarakat Kabupaten Dompu, turut memastikan Pemilu damai dan tidak semata mata dimaknai sebagai slogan, melainkan ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu. 




Demi mendapatkan pemimpin yang baik dan jujur kita tidak boleh golput dan harus bersedia untuk sepakat bahwa menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen Bangsa tanpa terkecuali,




Pada momentum ini juga para pemuda berharap kepada peserta pemilu, agar bisa menunjukan sportivitas, Arif dan bijaksana serta paling utama adalah santun dalam kampanye, sehingga mudah dalam meraih simpati rakyat. Hal ini, bertujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan dengan riang gembira dan besar harapan persentase untuk Golput pun berkurang. 



Untuk menjaga Netralitas dalam Pilkada 2024. Selain itu, juga dapat menjaga semangat persaudaraan dan konsisten dalam menjalankan amanat netralitas. "Ini penting untuk menjaga citra terbaik pemerintah daerah selama Pilkada serentak 2024," jelasnya.


Karia:Indra Dwi bintang

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro