Pemerintah Daerah Melalui Disnakeswan Dompu Genjot (IB), Desa Berpotensi Mengembangkan Ternak Berkualitas

Kategori Berita


.

Pemerintah Daerah Melalui Disnakeswan Dompu Genjot (IB), Desa Berpotensi Mengembangkan Ternak Berkualitas

25 Sep 2024
Beberapa Warga bersama Ternak Miliknya


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Pemerintah daerah melalui Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Dompu membentuk Desa di Kabupaten Dompu menjadi sentra pembangunan yang potensial pengembangan usaha peternakan. 



Hal itu di sampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Melalui Kepala Bidang Budidaya Dan Pengembangan Ternak Disnakeswan ‘Sukaemi, S.Pt. Pihkanya mengatakan bahwa Daerah kabupaten Dompu adalah salah satu wilayah area pengembangan usaha ekonomi masyarakat yang sangat signifikan.



Baca juga:



"Inovasi teknologi pad pola pemeliharaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha peternakan rakyat menjadi perioritas pilihan yang harus dikembangkan dan memberi solusi berdampak nyata yang harus ditawarkan dan diaplikasikan oleh pemerintah kepada semua masyarakat peternak"Terangnya. Rabu (25/09/24).


Lewat kesempatan ini, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu memberikan pilihan kegiatan yang dapat membantu desa dalam mengembangkan usaha pengembangan ternak masyarakatnya desa dapat menganggarkan penggunaan alokasi dana desa untuk kegiatan pengembangan usaha peternakan masyarakatnya dengan berbagai pilihan kegiatan sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, skill dan kualitas ternak serta income generating peternak sapi.

Kepala Bidang Budidaya Dan Pengembangan Ternak Disnakeswan ‘Sukaemi, S.Pt. 


"Gerakan inseminasi buatan pada ternak sapi dapat dimotori dan diinisiasi oleh pemerintah desa melalui pilihan kegiatan terkait inseminasi buatan antara lain :
1. Sosialisasi inseminasi dan pola pemeliharaan ternak secara intensif yang berkualitas.
2. Bimtek pemeliharaan sapi hasil inseminasi buatan.
3. Fasilitasi pembentukan kelompok peternak sadar IB di semua dusun.
4. Penguatan fasilitas kelompok peternak sadar IB.
5. Pengadaan sarana penunjang dan operasional inseminasi di desa.
6. Pembiayaan pelatihan mandiri kader inseminator desa.
7. Pembiayaan pendukung IB dan pemeliharaan intensif ternak sapi desa berupa pengadaan alat chopper, penanaman rumput dan hmt, pembuatan kandang jepit, kandang komunal dan lain-lain kebutuhan peternak masyarakat.



Pasang iklan di sini:



Pilihan-pilihan kegiatan tersebut adalah solusi pembuktian bahwa desa hadir dalam membantu merubah paradigma di sektor peternakan. Perubahan yang mengarah kepada perubahan pola pemeliharaan yang semula ternak di lepas liar menjadi pola pemeliharaan yang menuju kepada pemeliharaan intensif dengan menggunakan teknologi pemilihan bibit berkualitas melalui inseminasi buatan (IB) sehingga menghasilkan ternak sapi yang berkualitas sesuai kebutuhan pasar global saat ini.



"Saat ini (Bulan Oktober 2024) telah terdata sapi yang telah dipelihara secara intensif dalam kandang penggemukan di Kabupaten Dompu sebanyak 5.538 ekor yang tersebar di semua desa dan telah dikelompokkan dalam 137 kelompok peternak sadar IB.

Pihkanya juga berharap, Pemerintah dan masyarakat desa sebaiknya memulai merencanakan pilihan kegiatan dana desanya dengan memprioritaskan kegiatan dan pembiayaan pada sektor peternakan, "Secara teknis kami akan membantu memfasilitasi dan memberikan asistensi jika diperlukan”,Harapnya (*).