Pemerintah Daerah Melalui Disnakkeswan Dompu Menunjukan Komitmen Berantas Wabah Virus Rabies di Lapangan

Kategori Berita


.

Pemerintah Daerah Melalui Disnakkeswan Dompu Menunjukan Komitmen Berantas Wabah Virus Rabies di Lapangan

19 Sep 2024
Foto Tim Keswan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu NTB di lapangan Saat Memberikan Suntikan Vaksinasi Pada Anjing 


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu. Melalui Kabid Kesehatan nya, menunjukan  Komitmen dan langkah nyata nya dalam memberantas Virus Rabies dengan cara melakukan Vaksinasi Rabies di tingkat Lapangan. 



Rabies merupakan salah satu penyakit zoonosis paling mematikan yang ditularkan dari hewan ke manusia melalui gigitan, utamanya oleh anjing yang terinfeksi virus rabies. 



Baca juga:



"Penyakit ini dapat mengancam keselamatan masyarakat, oleh karena itu upaya pencegahan melalui vaksinasi rabies sangatlah penting dan harus dilakukan secara serius serta berkelanjutan,"Terang Drh. Mujahidin, Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Keswan Dompu Kamis (19/09/24).



Kabid Keswan yang akrap di sapa Dae Bana ini mengatakan, Penyakit rabies pertama kali terdeteksi di Kabupaten Dompu pada tahun 2018 dan sejak saat itu, upaya pencegahan dan pemberantasan rabies dilakukan secara intensif, salah satunya dengan program vaksinasi rabies tahunan yang kini sudah menjadi agenda rutin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu. 



"Pada tahun ini, program vaksinasi rabies tetap terus dilaksanakan dengan target 5.000 dosis yang diberikan kepada anjing berpemilik di delapan kecamatan di Kabupaten Dompu, yaitu Kecamatan Dompu, Kempo, Kilo, Manggelewa, Pekat, Woja, Pajo, dan Hu’u. 

Foto Anggota Tim Keswan Disnakkeswan Dompu Saat Memberikan Vaksin pada tubuh Anjing 


Lanjut Dae Bana menjelaskan, Gerakan Gempur Rabies (GEGER)  adalah program pemberantasan dan pengendalian rabies yang diinsiasi untuk membentuk suatu pedoman terpadu bagi pemangku kepentingan dan stakeholder dalam penanggulangan rabies, sehingga tercapai Dompu Nol Rabies dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri, sejahtera, unggul dan religius (MASHUR).




"Salah satu nya seperti program utama GEGER adalah Vaksinasi hewan penular rabies, Program vaksinasi rabies ini merupakan langkah nyata dalam memutus rantai penularan rabies dan memberikan perlindungan bagi hewan peliharaan serta masyarakat di Kabupaten Dompu. 



Dengan melakukan vaksinasi pada hewan penular rabies utamanya hewan peliharaan seperti anjing, penularan rabies dapat dihentikan sebelum mencapai manusia. Vaksinasi rabies pada anjing ini diyakini sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit rabies yang paling efektif.



Pasang iklan di sini:



Dae Bana selaku Kabid Keswan dalam hal penanganan virus rabies itu, berharap adanya Kolaborasi Lintas Sektoral serta Konsep One Health dalam Upaya Pemberantasan Rabies, Upaya pemberantasan rabies ini tidak dapat dilakukan sendirian. 



Program ini perlu mendapat dukungan penuh dari pihak_pihak terkait seperti aparat Kepolisian dan TNI melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Dinas Kesehatan, pihak Kelurahan, Pemerintah Desa, Penyuluh serta seluruh masyarakat. 



Kerja sama lintas sektoral bersama masyarakat luas mencerminkan penerapan konsep One Health dalam pencegahan rabies. Dengan konsep One Health, Kabupaten Dompu menempatkan kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan sebagai satu kesatuan yang harus dijaga bersama demi mencegah penyebaran rabies secara efektif. 



Ayo Dukung Vaksinasi Rabies di Kabupaten Dompu !Keberhasilan program Vaksinasi Rabies sangat bergantung pada dukungan masyarakat. 



Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Gerakan Gempur Rabies (GEGER) untuk mewujudkan Dompu yang MASHUR. Bagi pemilik anjing, pastikan hewan peliharaan Anda diikat dan mendapatkan vaksinasi rabies. 



"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Dompu menghimbau dan sekaligus mengajak Bagi masyarakat umum, tetaplah waspada terhadap hewan yang menunjukkan tanda_tanda rabies dan segera laporkan kepada pihak yang berwenang.



Bagi masyarakat yang menjadi korban gigitan Hewan Penular Rabies agar segera mencuci luka bekas gigitan dengan sabun dan air mengalir serta segera datangi Puskesmas terdekat.



Bersama_sama, kita bisa menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari rabies. DOMPU NOL RABIES, PASTI BISA!!! (Adv).