Di NGOPI Bareng MIO, Pjs Bupati Ajak Pers Dapat Mengedukasi

Kategori Berita


.

Di NGOPI Bareng MIO, Pjs Bupati Ajak Pers Dapat Mengedukasi

4 Okt 2024
Foto Suasana Kegiatan Ngopi Ngobrol Pilkada Bareng MIO Kab. Dompu NTB 


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Membangun Silaturrahim dan mempererat hubungan serta menjaga sinergitas dengan insan Pers dalam menyampaikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada publik. Penjabat Bupati Dompu membuka secara resmi kegiatan NGOPI (Ngobrol Pilkada) Bareng MIO (Media Independen Online) dengan Tema Media Dalam Balutan Pilkada, Jum'at malam (4/10/2024).



Kegiatan Ngopi yang dilaksanakan di Gedung TP-PKK digagas mengingat Penyelenggaraan Pilkada 2024, Pers diharapkan dapat menjalankan perannya secara Profesional dengan menyebarluaskan informasi edukasi dan tidak profokatif demi terselenggaranya Pilkada yang aman damai dan berintegritas.



Baca Juga:pemda kabupaten dompu melalui kabag



Mengawali sambutanya, Pjs Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti, AP, MSi mengakui, malam hari ini merupakan silaturrahim pertama dengan Pers dan dirinya sangat bersemangat, karena Dunia Jurnalis merupakan profesi yang memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada publik.

 


"Baik, buruknya Dompu ada dijari pers dan sebagus apapun kami (pemerintah, red) membuat, melaksanakan program kegiatan, kalau tidak diceritakan atau ditulis dengan baik, maka tidak akan sampai ke masyarakat," ujarnya.

Ketua DPRD Mio Kabupaten Dompu Sarwon Alkhan S.sos Saat Memberikan sambutan 


Nelly Yuniarti berharap jangan karena tidak bekerjasama dan tidak berkoordinasi, sehingga berita tidak sampai dengan baik kepada masyarakat. "Kolaborasi sangat kami harapkan, karena Pers itu penting dan kami ingin tetap adanya etika jurnalis yang dijunjung tinggi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat," inginnya.


Pada kesempatan itu, Penjabat Sementara Bupati Dompu juga mengharapkan teman-teman Pers untuk dapat menulis hal-hal baik tentang Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Saya harap jangan lagi ada yang menulis jeleknya Dompu, khususnya berita tutup jalan dan berita jeleknya pemerintah, karena dapat menghambat proses pembangunan daerah. Maka, mari kita sampaikan pada Dunia tentang baik dan hebatnya Dompu," ajaknya.


Lanjutnya, hal-hal positif yang dapat disampikan, salah satunya berita yang telah dilakukan Pemerintah melalui OPD terkait dengan semua kebijakan dan program yang dijalankan untuk kesejahteraan daerah dan masyarakat.


Pasang Iklan di Sini :


"Pers yang memiliki fungsi kontrol sosial dalam pelaksanaan program pembangunan pemerintah diharapkan dapat memposisikan diri sebagai profesi yang profesional dan mengedepankan kode etik dengan menyajikan berita yang membangun dan mengedukasi," ucapnya.



Menyinggung gejolak di media sosial seperti facebook tentang saling menghujat antara pendukung Calon Bupati Dompu pada Pilkada 2024, dirinya mengharapkan media dapat menjadi penyeimbang dan corong dalam menyampaikan informasi. "Memang kita tidak dapat mengintervensi (media sosial, red), tapi kita bisa meredamnya melalui media Online salah satunya yang tergabung dalam MIO untuk menyampaikan berita yang menyejukan," saranya.



Berkaitan dengan Tema kegiatan, Nelly Yuniarti berharap Pers harus dapat menempatkan diri diposisi yang independen pada Pilkada tahun ini "Pers harus independen dan tidak ikut terlibat langsung menjadi tim sukses kecuali sudah membuat kontrak kerja sama. Namun tetap menyampaikan berita yang seimbang, seperti menyampaikan visi-misi para calon Bupati yang dapat mengedukasi masyarakat," saranya


Simak Videonya di bawah ini 👇👇👇


Sebelum mengakhiri sambutanya, Baiq Nelly Yuniarti mengharapkan Pers untuk terus membangun sinergitas menjadi semakin lebih baik, karena keterlibatan seluruh elemen khususx Pers tidak hanya menyampaikan kritik tapi harus dapat memberikan solusi dalam membangun masa depan Negara Bangsa dan daerah khususnya Bumi Nggahi Rawi Bahu yang lebih baik. "Mari kita sesuaikan perkataan dan perbuat, apa yg kita ucapkan itu lah yang harus disampaikan," katanya sembari membuka acara Ngobrol Pilkada.



Sebelumnya, Ketua Mio Dompu Sarwon Alkhan menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan untuk kemaslahatan dana rasa Nggahi Rawi Pahu. "Kami ingin mengambil bagian untuk Dompu, karena melihat dinamina politik yang tensinya tinggi khususnya di medai sosial facebook para pendukung yang saling menghina dan menghujat," ucapya.



Melalui kegiatan ini juga, diharapkan tidak terjadinya atau dijumpai wartawan yang masuk sebagai Tim sukses salah satu pasangan Calon Bupati. "Kami ingin hadir memberikan kesejukan dan bukan provokator, khususnya menjelang Pilkada. Oleh sebab itu kami mengharapkan arahan dari Ibu Pjs Bupati Dompu agar kami tetap profesional dalam menjalankan profesi ini," katanya.



Dari pantauan langsung, kegiatan NGOPI berjalan dengan aman dan lancar yang diihadiri Sekda, Pimpinan OPD, Ketua Bawaslu, Perwakilan Dandim 1614, Kapolres, Ketua KPU Diwakili Komisioner, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, FKUB, Akademisi, Ketua dan Anggota Jurnalis, Pemerhati Politik dan Mahasiswa. (*)