Merajuk Tema, "Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta" Bawaslu Gelar Deklarasi, PJS. Bupati Dompu : ASN Jaga Netralitas

Kategori Berita


.

Merajuk Tema, "Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta" Bawaslu Gelar Deklarasi, PJS. Bupati Dompu : ASN Jaga Netralitas

1 Okt 2024
Foto Dua Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Saat Membacakan Naskah Deklarasi Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta 

Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Dalam rangka meningkatkan kesiagaan dan sinergi seluruh penyelengara pemilihan yang integritas yang jujur, adil, Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu NTB Mengelar  Deklarasi Pilkada Damai, Selasa (01/10/24).



Deklarasi dengan menyusun tema "Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta" yang di gelar tepat di Gedung Paruga Samakai Dompu di hadiri oleh Dua Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, PJS. Bupati Dompu, Baiq Nely Yuniarty Ketua Bawaslu Dompu, Swastari Has SH. Forkopimda OPD, Ketua DPRD Dompu beserta anggota, Ketua KPUD dan Komisioner, tokoh Masyarakat, tokoh Agama Tokoh Pemuda, Sejumlah OKP dan unsur lainya.



Baca Juga :hilang akal timbul tawakal usai suket



Ketua Bawaslu Dompu, Swastari HAZ SH, mengatakan alasan pihaknya melaksanakan kegiatan sebagai bentuk menciptakan dan mengajak seluruh elemen, termasuk masyarakat untuk bersama sama mensukseskan Pilkada Tahun 2024 dengan aman dan damai. 



Kata Dia, dinamika pembahasan mengenai politik sangat luar biasa di media sosial. Bahkan beberapa orang pendukung memanfaatkan media sosial untuk saling serang dan lainnya. 

Foto Dua Calon Wakil Bupati Dompu PJS Bupati Dompu dan Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Saat Menandatangani Bersama Deklarasi Damai 


"Inilah salah satu alasan kenapa kami Bawaslu melaksanakan kegiatan tersebut, guna mengajak seluruh masyarakat dan lainnya menciptakan keharmonisan mewujudkan Pilkada damai," jelasnya. 



Ia, juga mengajak seluruh pihak untuk menciptakan Pilkada dengan penuh cinta, sehingga melahirkan pemimpin - pemimpin yang mampu mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat. Sebagai Bawaslu dan KPU, sudah mengucapkan ikrar sumpah sesuai dengan tugas dan tanggungjawab dalam pesta demokrasi. 


Artinya, ikrar sumpah ini tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Mari kita bersama sukses Pilkada dan mari bersama Bawaslu awasi Pilkada. Mari kita taburi Pemilu dengan Cinta," ajaknya. 



Disela waktu, Pjs Bupati Dompu, Nelly Yuniarti, AP, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan Pilkada damai adalah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Mulai dari tataran individu, pemerintah dan masyarakat. 



Pasang iklan di sini :



"Pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai menjadi harapan kita semua dan untuk mencapai harapan itu tentunya kerjasama dan kebersamaan dari seluruh elemen daerah sangat diharapkan," ujarnya. 


Ia, menyebut tahapan tahapan dalam pelaksanaan Pemilu tentunya telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan sejauh ini semua tahapan dilaksanakan berlangsung secara tertib. Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran salam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu, juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, seberapa jauh nilai nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jari diri bangsa Indonesia. 



Maka itu, Pjs Bupati mengajak seluruh elemen bangsa dan masyarakat Kabupaten Dompu, turut memastikan Pemilu damai dan tidak semata mata dimaknai sebagai slogan, melainkan ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu. 




"Bersedia untuk sepakat bahwa menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen Bangsa tanpa terkecuali," paparnya. 


Simak videonya di bawah ini 👇👇👇


Pada momentum ini, Pjs Bupati juga berharap kepada peserta pemilu, agar bisa menunjukan sportivitas, Arif dan bijaksana serta paling utama adalah santun dalam kampanye, sehingga mudah dalam meraih simpati rakyat. Hal ini, bertujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan dengan riang gembira dan besar harapan persentase untuk Golput pun berkurang. 


Ia, juga mengimbau ASN di lingkup Pemkab Dompu untuk menjaga Netralitas dalam Pilkada 2024. Selain itu, juga dapat menjaga semangat persaudaraan dan konsisten dalam menjalankan amanat netralitas. "Ini penting untuk menjaga citra terbaik pemerintah daerah selama Pilkada serentak 2024," jelasnya.


Pembacaan Naskah Deklarasi Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta oleh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1 dan 2


Pantauan langsung media ini.com, terlihat usai penyampaian sambutan Pjs Bupati Dompu, acara dilanjutkan dengan atraksi tarian adat Dompu. Kemudian, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Deklarasi Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta yang dibacakan secara langsung oleh Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor urut 1 dan 2. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta oleh para pihak dan diakhiri dengan nuansa tema Bawaslu menebar cinta. (*).