Penetapan AH Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Menuai Kritikan, Kejari Dompu di Tuding Berbohong

Kategori Berita


.

Penetapan AH Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Menuai Kritikan, Kejari Dompu di Tuding Berbohong

22 Okt 2024
H. Abdul Muis SH. Msi.


Dompu, NTB_Bidikinfonews.com - Penanganan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Gedung Puskesmas Dompu Kota Tahun Anggaran 2021 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu, menuai sorotan dan kritikan. Kasus yang menjerat AH (Mantan ASN Dinas Kesehatan Dompu), hingga berujung pada penahanan AH, ini dinilai ada kejanggalan.



Hal ini diungkap adik kandung AH, Senin (21/10/2024). Pada sejumlah media, Ia mengatakan pelaksana kegiatan proyek tersebut, sudah melakukan pengembalian kerugian Negara. Pengembalian itu, dilakukan berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sebelumnya menemukan kerugian Negara sebesar Rp47 Juta. 



Baca Juga:dugaan laporan kasus korupsi dan pungli



“Hasil audit BPK jauh sebelum kasus ini masuk dalam penyeledikan, apalagi penyidikan sudah diselesaikan oleh pelaksana kegiatan,” ujar H Abdul Muis SH.


Sebagai keluarga AH, pihaknya siap mengikuti proses hukum yang tengah dilakukan oleh Kajari Dompu. Hanya saja, pada saat pemeriksaan oleh auditor negara BPK RI menemukan kerugian negara sebesar Rp 47 juta dan saat itu juga langsung dibayar ke negara. 



"Kalaupun Kajari menyatakan tidak pernah ada pengembalian, itu adalah bohong besar,” bebernya.



Karena itu lanjut Muis, selain menghormati dan mengikuti proses hukum yang sedang berlangsung, pihaknya akan menempuh jalur-jalur konstitusional dalam memberikan pembelaan terhadap keluarganya. “Ini yang akan kami lakukan,” jelasnya.



H. Abdul Muis SH, Sebut BPK Berpotensi Penjarakan Pejabat?



 Pasang iklan di Sini:



Menilik sejumlah kasus melibatkan para pejabat didaerah Kabupaten Dompu, ternyata bermula dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang tidak tuntas dalam memeriksa dan mengaudit pelaksanan program pembangunan. Sebutlah kasus yang menimpa mantan Kadinkes Dompu Maman SKM yang kini sedang menjalani sidang korupsi di Pengadilan Tipikor Mataram.


 


Dalam audit yang dilakukan oleh BPK ada temuan kerugian negara mencapai Rp 500 jutaan. Akibat ada temuan ini Maman yang bertindak sebagai KPA sekaligus PPK menekan pelaksana kegiatan (Kontraktor) untuk segera menyelesaikan temuan dimaksud. Hasilnya pelaksanaan kegiatan menyelesaikannya dan membayarnya ke negara. Ternyata penyidik tidak percaya dengan hasil audit BPK dimaksud kemudian bekerjasama dengan auditor lain untuk mengaudit ulang sehingga ditemukan kerugian negara jauh melebihi temuan BPK.


 


Begitu juga kasus yang menimpa mantan PPK Dikes AH. Hasil audit BPK menyebutkan ada kerugian negara sebesar Rp 47 jutaan dan langsung diselesaikan dengan mengembalikannya ke negara. Lagi-lagi penyidik kejaksaan tidak percaya dengan hasil audit BPK kemudian bekerjasama dengan auditor lain untuk mengaudit ulang dan menemukan kerugian negara sebesar Rp 900 jutaan tanpa ada ruang klarifikasi.


 

Pertanyaannya kenapa BPK tidak dipercaya, padahal lembaga ini diberi tugas khusus untuk memeriksa atas pengelolaan keuangan dan pembangunan di negeri ini. Atas fenomena ini BPK tentu berpotensi memenjarakan para pejabat yang bertugas. Sebab kalau BPK bekerja dan memeriksa dengan tuntas pelaksanaan kegiatan maka kerugian negara yang ditimbulkan bisa dihindari. “Misalkan BPK menemukan kerugian negara seperti yang ditemukan auditor lain, maka tentu para pejabat dapat menuntut tanggungjawab pelaksana kegiatan untuk menyelesaikannya,” tandasnya.(*).